Kamis, 28 Juni 2012

Italia Tantang Spanyol Di Final Euro 2012

Italia Tantang Spanyol Di Final Euro 2012. Striker Bengal Mario Balotelli tampil gemilang dan membawa Italia unggul 2-1 atas Jerman hingga akhir babak kedua dalam laga semifinal Piala Eropa di National Stadium Warsaw, Polandia, Kamis atau Jumat (29/6/2012) dini hari WIB. Stiker Manchester City itu memborong dua gol "Gli Azzurri" sedangkan gol jerman di ciptakan melalui titik putih pada masa perpanjangan waktu oleh Mesut Ozil.

Pada babak pertama Der Panzer mengancam gawang Italia saat laga berjalan lima menit. Lewat sebuah sepak pojok, Hummels menyambut bola namun masih mengenai Pirlo yang berdiri di depan gawang. Kemelut di depan gawang Italia nyaris menghasilkan gol bunuh diri bagi Italia.

Boateng melepaskan umpang ke depan gawang. Buffon mampu menepisnya namun bola mengenai Barzagli. Beruntung bagi Italia, bola pantulan itu masih menyamping di sisi kiri gawang Buffon. Percobaan Toni Kroos dari luar kotak penalti belum membuahkan hasil. Namun, lagi-lagi Buffon sigap menepis bola tendangan keras gelandang Bayern Muenchen tersebut dari luar kotak penalti.


Keasyikan menyerang, barisan pertahanan Jerman lengah. Hal itu kemudian dimanfaatkan Italia untuk lebih dulu mencetak gol pada menit ke-20. Berawal dari aksi Antonio Cassano di sisi kiri lapangan. Ia melepaskan umpan akurat ke tengah kotak penalti. Tidak dikawal ketat, Balotelli langsung menyambar bola tersebut dengan sundulan keras tanpa mampu diantisipasi Manuel Neuer. 

Italia menggandakan keunggulan di menit ke-36. Kali ini berawal dari serangan balik cepat. Riccardo Montolivo langsung mengirim umpan panjang ke daerah pertahanan Jerman. Menerima umpan dari Riccardo Montolivo, Balotelli yang lepas dari jebakan offside melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihalau Neuer.

Jerman memperkecil ketertinggalan di akhir babak kedua. Wasit menunjuk titik putih setelah Balzaretti melakukan handsball di kotak penalti. Oezil yang maju sebagai eksekutor sukses melaksanakan tugasnya. Oezil yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2. Meski terus berusaha menyamakan kedudukan, skor tersebut akhirnya tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Italia menguasai bola sebanyak 46 persen dan menciptakan lima peluang emas dari 10 usaha. Adapun Jerman melepaskan tujuh tembakan akurat dari 14 kali percobaan.

SUSUNAN PEMAIN
JERMAN: Manuel Neuer, Mats Hummels, Holger Badstuber, Philipp Lahm, Jerome Boateng, Sami Khedira, Bastian Schweinsteiger, Mesut Özil, Toni Kroos, Lukas Podolski (Reus), Mario Gomez (Miroslav Klose)

ITALIA: Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Federico Balzaretti, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Claudio Marchisio, Daniele De Rossi, Riccardo Montolivo, Andrea Pirlo, Mario Balotelli, Antonio Cassano