Rabu, 24 Oktober 2012

Pembalap Sepeda Lance Amstrong di Cekal Seumur Hidup Akibat Doping



[imagetag] 



Pembalap Sepeda Lance Amstrong di Cekal Seumur Hidup Akibat Doping

. Perusahaan Asuransi Texas (SCA) akan menuntut Lance Armstrong untuk mengembalikan dana yang pernah diberikannya saat pembalap sepada tersebut memenangi gelar juara Tour de France gelar keenamnya pada 2004 silam sebesar USD7,5 juta. Kuasa hukum SCA, Jeffrey M. Tillotson mengatakan "Kami akan membuat permintaan formal kepada Armstrong untuk pengembalian dana tersebut sebesar USD7,5 juta dan kami akan memberikan kesempatan kepadanya dalam waktu lima hari. Jika hal ini tidak berhasil, kami akan memulai proses hukum terhadap Mr Armstrong," jelas Tillotson seperti dilansir BBC Sport, Selasa (23/10/2012).



"Ini bukan hari yang bahagia bagi klien saya. Pasalnya, Armstrong sendiri yang telah membawa masalah ini semakin sulit," pungkasnya. Hal ini terjadi ketika organisasi balap sepeda internasional (UCI) mencabut tujuh gelar Tour de France pada periode 1999-2006 yang pernah diraih pembalap Amerika Serikat akibat skandal doping. Selain SCA, sponsor lain yang telah mendukung karir pembalap sepeda Amerika Serikat itu seperti Oakley dan Nike telah memutuskan kerjasamanya.  Pembalap sepeda ini terbukti menggunakan doping, setelah Badan Anti Doping Amerika Serikat (Usada) melakukan penyelidikan lebih lanjut. Dari penyelidikan tersebut, Usada menemukan bukti bahwa Armstrong terlibat penggunaan doping yang paling canggih, sukses dalam sejarah olahraga, dan profesional.

Pembalap sepeda junior yang tergabung dalam tim Robobank Kelvin Dekker kecewa dengan perilaku Lance Armstrong setelah dia terbukti terlibat dalam penggunaan doping oleh Badan Anti Doping Amerika Serikat (USADA). Dekker, mengecam tindakan pembalap sepeda berusia 41 tahun tersebut lewat akun twitter pribadinya, setelah USADA membeberkan keterlibatan Armstrong dalam penggunaan doping selama kariernya yang telah memenangkan tujuh gelar Tour de France pada 1999 hingga 2006.



"Sebelumnya saya sangat mengagumi Armstrong dan berpendapat bahwa dia merupakan atlet olahraga sepanjang masa, namun saat USADA membeberkan keterlibatannya dalam penggunaan doping saya langsung berbalik serta mengatakan dia tidak lagi sebagai pahlawan saya," tulis Dekker di akun Twitternya seperti dilansir SportMole, Selasa (23/10/2012). "Terima kasih Armstrong, bahwa kamu telah menghancurkan olahraga yang saya sangat suka," sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Balap Sepeda Internasional (UCI) Pat McQuaid mengatakan UCI akan melakukan pertemuan dengan sejumlah badan yang terkait pada Jumat 26 Oktober 2012 mendatang, untuk membahas apakah Armstrong harus membayar kerugian dalam bentuk uang yang diperolehnya ketika memenangkan Tour de France atau apakah gelar itu akan kembali diberikan kepada pengendara sepeda lain yang berada di posisi kedua. UCI sendiri sejauh ini telah memberikan keputusan untuk mencabut tujuh gelar pembalap sepeda Amerika Serikat itu selama memenangkan Tour de France.

Badan Balap Sepeda Internasional (UCI) resmi mencabut tujuh gelar Tour de France yang diraih pebalab Lance Armstrong. Pencabutan gelar itu lantaran Armstrong terbukti menggunakan doping sepanjang kariernya. Bak kata pepatah sudah jatuh tertimpa tangga, setelah gelarnya dicabut, pemilik nama lengkap Lance Edward Armstrong itu juga diminta mengembalikan bonus jutaan dolar yang didapatkan dari perusahaan asuransi asal Dallas, Amerika Serikat, SCA Promotion.



Badan Anti Doping AS (USADA) beberapa waktu lalu merilis bukti-bukti jika memakai barang haram tersebut. Penemuan itu menajdi penemuan doping terbesar dalam sejarah olahraga. Sehari sebelumnya di Jenewa, Swiss, UCI secara resmi mendukung keputusan USADA yang mencabut seluruh kemenangan pebalap asal Amerika Serikat itu. Termasuk tujuh gelar juara Tour de France yang dimenanginya dalam rentang 1999-2005.

"Ia (Armstrong) tidak lagi juara Tour de France, jadi dia tidak pantas untuk mendapatkan bonus yang telah diberikan perusahaan asuransi SCA," kata Jeffrey Dorough, penasehat umum SCA kepada AFP, Selasa (23/10) WIB. Dorough menegaskan SCA Promotion menuntut pengembalian sebesar 7,5 juta dolar AS yang telah diberikan kepada Armstrong. Termasuk lima juta dolar AS yang di antaranya berupa bonus.

Selama era Armstrong, perusahaan Tailwind Sports yang membawahi Tim US Postal Service menjalin kerjasama dengan SCA. Kerjasama itu guna membayar premi untuk menjamin bonus yang dibayar kepada Armstrong ketika meraih gelar juara Tour de France. Ketika SCA menarik bonus sebesar lima juta dolar, saat itu Armstrong meraih gelar juara Tour de France untuk keenam kalinya pada 2004. Penarikan bonus itu karena ada dugaan doping. Tapi saat itu Armstrong berhasil memenangi gugatan. Armstrong berhasil memenangi kasus tersebut karena kontrak asli antara SCA dan Tailwind Sport tidak memasukkan klausul soal ketentuan doping. Selama bertahun-tahun, SCA diperkirakan harus mengeluarkan total 12 juta dolar AS bonus kepada Armstrong. "Tapi jumlah pasti yang bisa saya sampaikan adalah 7,5 juta dolar AS," ungkap Dorough.

kabar--aneh.blogspot.com
Like Fans Page Facebook Kami Disini



Follow Akun Twitter Kami Disini



 

Rating Artikel : 4.5



9

out of 10

based on 10

ratings. 99

orang.

#bcfda5