Rabu, 24 Oktober 2012

Apa Saja Sih Yang Ada Di Balik Bra ?





[imagetag]

Payud4ra selalu menjadi bagian menarik dari tubuh wanita. Bagian tubuh sensitif ini juga menjadi media pertumbuhan dan perkembangan bayi melalui ASI. Tapi Payud4ra wanita tak cuma berisi kelenjar susu.

Struktur Payud4ra wanita sangat kompleks. Selain terdiri dari jaringan lemak dan ikat, Payud4ra juga mengandung saluran susu, pembuluh darah, kelenjar getah bening dan struktur yang lebih besar berakhir di Tombol.

Secara detail seperti dilansir imaginis, Payud4ra wanita terdiri dari:

1. Kelenjar susu (lobulus) yang menghasilkan susu

2. Duct atau saluran yang mengangkut susu dari kelenjar susu (lobulus) ke Tombol Puting

3. Areola (daerah berpigmen merah muda atau coklat di sekitar Tombol susu)

4. Jaringan ikat (fibrous) yang mengelilingi lobulus dan duct

5. Lemak

Jaringan Payud4ra manusia mulai berkembang pada minggu keenam kehidupan janin. Awalnya, jaringan Payud4ra berkembang di sepanjang garis ketiak dan meluas ke selangkangan (ini disebut milk ridge).

Pada minggu kesembilan hidup janin, pertumbuhan kembali ke daerah dada, meninggalkan dua kuncup Payud4ra di bagian atas dada. Pada wanita, kolom sel tumbuh dari tiap kuncup Payud4ra, menjadi kelenjar keringat yang terpisah dengan duct (saluran susu) yang mengarah ke Tombol.

Payud4ra wanita tidak tumbuh sebelum memasuki masa pubertas (sekitar usia 10 atau 11 tahun), yaitu ketika tubuh mengalami berbagai perubahan untuk mempersiapkan reproduksi.

Setelah rambut kemaluan mulai tumbuh, Payud4ra akan mulai menanggapi perubahan hormon dalam tubuh. Secara khusus produksi dua hormon, yaitu estrogen dan progesteron yang merupakan sinyal pengembangan jaringan kelenjar Payud4ra.

Pertumbuhan awal Payud4ra mungkin sedikit menyakitkan bagi beberapa perempuan. Selama waktu ini, lemak dan jaringan ikat Payud4ra menjadi lebih elastis. Saluran Payud4ra mulai tumbuh dan pertumbuhan berlanjut sampai menstruasi dimulai (biasanya 1 sampai 2 tahun setelah perkembangan Payud4ra telah dimulai). Menstruasi menyiapkan Payud4ra dan ovarium untuk kehamilan potensial.

Berikut beberapa tahapan perkembangan Payud4ra pada wanita:

1. Sebelum pubertas, Payud4ra rata kecuali untuk bagian Tombol yang mencuat dari dada.

2. Awal pubertas, areola (daerah Tombol) menjadi tunas menonjol dan Payud4ra mulai mengisi.

3. Akhir pubertas, jaringan kelenjar dan lemak meningkat pada Payud4ra, dan areola (daerah Tombol) menjadi datar.

#bcfda5