Senin, 15 Oktober 2012

10 Tips Cara Mudah Menghemat Listrik Kulkas

Rekening Listrik membengkak mungkin disebabkan banyaknya alat elektronik yang menggunakan listrik 24 jam nonstop, semisal TV dan lemari Es ( Kulkas ) atau juga AC, tapi sekarang alat elektronik sudah dirancang meminimalisir penggunaan daya yang besar, tapi masih ada sebagian yang belum, untuk tips sederhana dan mungkin berguna pada penghematan pemakaian energi yang 24 jam nonstop nyala trus seperti lemari arau kulkas tidak salah mencoba tips untuk mengirit listrik pada kulkas :

[imagetag]

1. Tempatkan kulkas di tempat sejuk, jangan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung atau panas lainnya karena tidak baik untuk mesin.

2. Atur jarak antara kulkas dan dinding di sekitarnya. Minimal 10-15 cm dengan dinding dan sekitar 30 cm dengan langit-langit. Jika diletakkan di ruang sempit, mesin akan menjadi cepat panas dan beban kerjanya menjadi lebih berat. Harus ada cukup ventilasi.

3. Sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering membuka dan menutup kulkas. Lampu yang menyala saat pintu dibuka akan menghabiskan energi. Jangan terlalu lama membuka pintu kulkas.

4. Pastikan pintu tertutup dengan baik. Kulkas terus bekerja mendinginkan makanan sesuai temperatur yang sudah ditentukan, tapi udara dinginnya terbuang percuma. Kalau kulkas berada dalam posisi miring, ada kemungkinan pintunya tidak akan tertutup dengan sempurna.

5. Stel dan aturlah temperatur sesuai dengan kebutuhan. Semakin rendah temperatur (semakin dingin), semakin banyak energi yang diperlukan kulkas untuk proses pendinginan. Sebaiknya Anda menyetel tombol temperatur satu level di atas garis tengah saja.

6. Matikan fungsi-fungsi tambahan kulkas jika tidak membutuhkannya. Makin banyak fungsi yang diaktifkan, makin besar energi yang dikonsumsi dan biaya yang dikeluarkan. Tak perlu membeli kulkas terlalu canggih apabila tidak yakin akan memanfaatkan fungsi-fungsi tersebut.

7. Jangan menyimpan makanan panas atau hangat dalam lemari es. Tunggulah hingga makanan itu dingin. Makanan atau minuman panas turut memengaruhi suhu dalam kulkas dan menyebabkan kerja mesin bertambah berat.

8. Cek sekat karet yang menempel di pintu. Biasanya sekat ini akan mengendur seiring berjalannya waktu. Udara luar bisa mudah masuk dan mengacaukan suhu di dalam. Mesin kulkas akan bekerja lebih keras mendinginkan isi kulkas sesuai dengan temperatur yang sudah ditentukan. Lakukanlah perbaikan apabila ada lubang lain yang memungkinkan udara luar masuk.

9. Matikan kulkas jika Anda dan keluarga hendak bepergian ke luar kota selama beberapa waktu. Buka sedikit pintu kulkas agar bagian dalam tidak lembab dan bau.

10 Selalu Bersihkan bagian-bagian kulkas secara teratur agar kerja mesin jadi ringan. Debu dapat menyumbat saluran pembuangan dan udara sehingga mengakibatkan mesin harus bekerja lebih keras. Biaya yang keluar pun lebih banyak.http://kabar--aneh.blogspot.com

Sumber

#98fcde