Sabtu, 20 Oktober 2012

Schalke Kalahkan Dortmund di Derby Ruhr





[imagetag] wartasatu.net Dortmund Schalke 04 meraih kemenangan tipis 2-1 dalam derby melawan rivalnya, Borussia Dortmund. Bagi Dortmund, kekalahan ini membuat mereka kian tertinggal jauh dari Bayern Munich di klasemen sementara.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Signal Iduna, Sabtu (20/10/2012) malam WIB, Dortmund tampil tanpa diperkuat oleh Marcel Schmelzer, Mario Goetze, dan Jakub Blaszczykowski. Sebaliknya, Kevin Grosskreutz dan Morits Leitner masuk ke dalam starting XI.

Sementara, Schalke tampil relatif dengan kekuatan terbaiknya. Sebelum laga, pelatih Huub Stevens sudah optimistis bisa mendapatkan poin penuh di markas sang rival.

Optimisme Stevens itu kemudian terbukti. Jika pada dua Derby Ruhr musim lalu, Schalke tak mampu melangkahi Dortmund, maka kali ini adalah kebalikannya. Kendati kalah dalam penguasaan bola dan akurasi passing, Die Knappen membalas kekalahan musim lalu di tempat yang sama.

Schalke unggul ketika pertandingan memasuki menit ke-15. Berawal dari sebuah tendangan bebas, bola kemudian diberikan ke dalam kotak penalti. Ibrahim Afellay kemudian melepaskan sebuah tendangan kaki kanan yang tak mampu dihalau oleh Roman Weidenfeller.

Dortmund mendapatkan peluang di menit 36. Namun, tendangan Marco Reus dari sisi kiri kotak penalti masih bisa diselamatkan oleh Lars Unnerstall. Babak pertama kemudian berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk Schalke.

Di babak kedua, tepatnya di menit ke-48, sebuah serangan balik dari Schalke berujung menjadi gol kedua. Assist dari Lewis Holtby diselesaikan dengan baik oleh Marco Hoeger dengan sebuah tendangan kaki kanan. Tim tamu memimpin 2-0.

Dortmund kemudian memperkecil ketertinggalan tujuh menit kemudian. Berawal dari sebuah situasi bola mati, bola ditendang oleh Reus. Robert Lewandowski kemudian menyambutnya dengan sundulan dan gawang Unnerstall akhirnya bobol.

Beberapa peluang kemudian diciptakan oleh Dortmund di menit-menit yang tersisa. Namun, tak ada satu pun yang berubah menjadi gol. Dortmund akhirnya menelan kekalahan kedua mereka musim ini.

Khusus bagi Schalke, kemenangan ini memutus rantaian kemenangan Dortmund di Derby Ruhr sejak 2010.

Posisi Dortmund masih terpaku di posisi empat klasemen sementara dengan nilai 12, tertinggal 12 angka dari Bayern Munich yang masih memuncaki klasemen. Sedangkan Schalke ada di urutan tiga dengan nilai 17.



[imagetag]
#98fcde