Sabtu, 20 Oktober 2012

Inilah "wajah Internet" Sesungguhnya



[imagetag]

Sebagian besar masyarakat di dunia pasti berterima kasih kepada internet. Berkat kemajuan teknologi ini, mereka bisa membuat dunia hanya seluas "daun kelor". Bila internet di dunia ini digambarkan dalam bentuk wajah, seperti apa ya tampangnya?

Menjawab rasa penasaran majalah Fortune menggandeng desainer Nicolas Rapp untuk menggambarkan seperti apakah internet di seluruh dunia. Untuk memuluskan langkah ini, diajak pula perusahaan data telekomunikasi dan infrastruktur GeoTel Communication.

Setelah mendapatkan data yang diperlukan, maka dipetakanlah bagaimana kabel optik dan geogrhapic infomation system (GIS) yang akhirnya menjadi sebuah jaring-jaring terhubung antar satu negara ke negara lain melalui bawah laut.

Berikut gambar yang berhasil dibuat yang memperlihatkan lokasi kunci dari kabel fiber optic, koneksi kecepatan tinggi yang menjadi backbone internet di seluruh dunia.

[imagetag]

Kebanyakan masyarakat dunia yang online memang berasal dari kabel-kabel yang dibangun di bawah air di samudera dunia. Kabel ini mampu mengirimkan data-data dengan super cepat.

"Internet adalah fenomena global, wajar karena fiber optik ini dibangun hampir di seluruh samudera," tukas Rapp, seperti

DetikINET

kutip dari

DailyMail, Senin (23/7/2012).

"Setelah kehadiran gambar ini, jika sebelumnya orang tidak mengetahui seperti apa infrastruktur komunikasi kini bisa membayangkannya," tandasnya.

Untuk melihat lebih jauh seperti apa "wajah" internet di dunia ini, silahkan klik situs

nicolasrapp.com.

Sumber

#db4ef9