Jumat, 19 Oktober 2012

6 Alasan yang Membuat Masturbasi Disamakan Dengan Olahraga





[imagetag]


Masturbasi dapat meningkatkan kesehatan seseorang dengan cara yang mirip dengan berolahraga. Meskipun tidak dianjurkan untuk menggantikan manfaat olahraga dengan masturbasi, tetapi dalam beberapa hal memang keduanya punya kesamaan.

Memang tidak akan pernah ada anjuran untuk masturbasi dalam kaitannya dengan kebugaran fisik, sebab dalam banyak hal aktivitas ini sangat sensitif dan kontroversial. Namun setidaknya dalam beberapa hal, fakta ilmiah menunjukkan bahwa masturbasi memberikan manfaat yang kurang lebih sama dengan olahraga.

Sekedar untuk diketahui, berikut ini adalah beberapa kesamaan antara masturbasi dengan olahraga, seperti dilansir EmpowHer :

1. Menghasilkan Kesenangan dan Kepuasan

Olahraga dapat meninggalkan perasaan puas dan bahkan gembira sesudahnya karena tubuh menghasilkan hormon endorfin yang berfungsi meningkatkan kesenangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat mengobati depresi, karena meningkatnya produksi neurotransmitter ini.

Sedangkan ketika masturbasi, tubuh seseorang juga akan melepaskan sejumlah neurotransmitter yang sama, termasuk endorfin, yang membuat Anda merasa bahagia dan sensitif terhadap sentuhan. Hasilnya adalah perasaan kesenangan yang identik dengan perasaan setelah berolahraga dan kepuasan diri.

2. Menekan Nafsu Makan

Olahraga juga dapat merangsang peningkatan kadar prolaktin dalam tubuh, yang dapat menekan nafsu makan sementara. Sementara selama masturbasi, gairah seksual dapat meningkatkan kadar prolaktin dan menyebabkan umpan balik hormonal yang dapat menghambat keinginan untuk makan.

3. Meredakan Stres

Olahraga dapat membantu menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh yang merupakan bahan kimia yang berhubungan dengan stres. Seks dan masturbasi juga memiliki manfaat yang sama karena dapat menurunkan kortisol dan meredakan stres.

4. Membantu Membakar Kalori

Meskipun masturbasi tidak mampu membakar kalori sebanyak aktivitas olahraga, tetapi kedua aktivitas tersebut sama-sama memproduksi keringat dan dapat mencapai tingkat energi yang memungkinkan untuk membakar kalori.

5. Membangun dan Memperkuat Otot

Olahraga dapat membantu membangun otot, mempromosikan postur tubuh yang lebih baik, fleksibilitas meningkat dan gerakan badan menjadi lebih ringan. Olahraga sangat penting terutama untuk melatih sistem kardiovaskular dan serangkaian otot yang menjaga jantung.

Masturbasi juga dapat memperkuat otot-otot panggul dan hati, karena intensitas stimulasi meningkatkan denyut jantung dengan cara yang mirip dengan olahraga, sehingga dapat mempromosikan kesehatan jantung.

6. Menghasilkan Efek Pembersihan Tubuh

Olahraga telah dikenal memberikan manfaat pembersihan tubuh dari racun dan pelepasan hormon penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di lain pihak, masturbasi juga dapat membantu mencegah infeksi kandung kemih dengan membilas bakteri jahat dan meningkatkan bakteri baik.

Demikian pula, wanita yang masturbasi atau orgasme terbukti memiliki risiko kanker serviks dan diabetes tipe-2 yang lebih rendah.

Sumber : Detikhealth.com

#db4ef9