Jumat, 12 Oktober 2012

Volui Dan Basket Paling Bagus Untuk Cegah Tulang Keropos



[imagetag]

Selain dengan menjaga kecukupan kalsium,pengeroposan tulang juga bisa dicegah dengan olahraga. Menurut penelitian,jenis olahraga yang membutuhkan banyak lompatan seperti voli dan bola basket paling bagus menjaga kepadatan tulang .



Penelitian yang dilakukan di University ofGothenburg tersebut menunjukkan, kepadatan jaringan tulang cenderunglebih terjaga ketika seseorang rajin berolahraga. Tidak hanya massatulang menjadi lebih padat, ukuran tulangnya juga cenderung lebih besar dankokoh.

Tulang

yang besar dan lebih padat diketahui lebihterlindung dari risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis. Keuntunganini juga mencegah risiko retak atau patah tulang yang sering terjadi di usia 50tahun ke atas, baik laki-laki meupun perempuan.

Mattias Lorentzon, MD, PhD yang melakukanpenelitian itu mengatakan, jenis olahraga tertentu dapat memberikan manfaat lebihdibanding olahraga lainnya. Dalam kaitannya dengan kepadatan massatulang, olahraga yang banyak melibatkan lompatan dan gerakan tiba-tiba dinilailebih menguntungkan.

Olahraga yang dimaksud Lorentzon antara lainadalah voli dan bola basket . Kedua jenis ol

ahraga inidinilainya paling bagus untuk menjaga kepadatan massa tulang, disusul jenis olahragalain yang lebih sedikit melibatkan lompatan dan gerakan tiba-tiba yakni tenisdan sepakbola.

Hal itu dibuktikan Lorentzon saat mengamati833 partisipan laki-laki berusia 18-20 tahun selama kurun waktu 5 tahun.Partisipan yang melakukan olahraga voli dan bola basket selama 4jam/minggu terbukti mengalami peningkatan massa tulang sebanyak 1,3 persendibanding olahraga lain.

"Laki-laki yang meningkatkan beban dalamaktivitas fisiknya di usia 19-24 tahun tidak hanya membentuk tulang lebih kuattetapi juga lebih besar dibandingkan yang tidak olahraga," kataLoretzon seperti dikutip dari Indiavision.

Sumber

#db4ef9