Selasa, 23 Oktober 2012

Bali Green Village, Rumah Bambu Modern Ramah Lingkungan


Artikel Zamrud Hijau - Green Village adalah sebuah komunitas peduli lingkungan yang berada di dekat lembah sungai Ayung Bali dan berada dalam satu komplek dengan Green School yang juga memiliki konsep peduli lingkungan. Tidak hanya mengusung konsep hijau, akan tetapi konstruksi bangunan yang terlihat unik dibuat dengan menggunakan bambu. Bangunan Green Village terlihat menakjubkan meskipun berbahan bambu. Desain bangunan dibuat dengan memperhatikan aspek lingkungan dengan menggunakan material yang tersedia di alam, tetapi tetap berpikir kreatif untuk memaksimalkan karakteristik material.

Green Village adalah hunian bagi orangtua siswa tinggal di dekat sekolah. Sekolah yang sudah berdiri sejak 2008 ini memprioritaskan material alam di sekitar lingkungan sekolah menjadi bahan utamanya. Green School mengajarkan kepada murid-muridnya bahwa di alam ini tidak ada yang berwujud kotak sempurna, karenanya bangunan mengikuti dan beradaptasi terhadap apa yang sudah diberikan alam. Bangunan-Bangunan yang berada di dalam kompleks Green School tidak memaksakan atau memotong pohon yang sudah ada.

Setiap keuntungan di Green Village akan diberikan kepada Green School’s Balinese Student Scholarship Fund yang sudah memberikan beasiswa bagi 15% siswa dengan pendidikan gratis.















sumber