Senin, 02 Juli 2012

Vitamin D Mengatasi Kanker Payudara


Resiko kanker payudara, berkaitan erat dengan paparan sinar matahari. Demikian yang terungkap dalam sebuah penelitian baru-baru ini, yang menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi vitamin D melalui asupan makanan dan paparan sinar matahari berkaitan dengan penurunan risiko kanker payudara. Paparan sinar matahari ternyata bukan hanya untuk mencegah gejala kanker payudara saja, tetapi pasien yang menjalani perawatan kanker payudara ternyata juga memerlukan vitamin D, yang salah satunya bisa didapat dari paparan sinar matahari. Baca Disini Selengkapnya

Seperti dilaporkan American Journal of Epidemiology, pemberian vitamin D dapat menekan terjadinya hormon reseptor kanker, yakni reseptor estrogen (ER) dan reseptor progesteron (PR).

Hormon reseptor dapat analog ke telinga dalam sel payudara yang akan mendengarkan sinyal dari hormon. Ketika sinyal memerintahkan tumbuh, sel kanker akan mengembangkan sel-sel payudara yang mengandung reseptor.

Kanker akan disebut ER-positive (ER +) apabila alasan kenaikan adalah hasil dari reseptor untuk hormon estrogen. Sementara itu, jika alasan untuk meningkat adalah adanya reseptor untuk hormon progresteron, disebut PR-positif (PR +).

Penelitian menghubungkan asupan vitamin D dengan kehadiran hormon reseptor itu dilakukan oleh Blackmore KM dan rekannya dari Mount Sinai Hospital di Ontario, Kanada.

Penelitian dilakukan dengan membandingkan 758 pasien kanker payudara dan 1.135 partisipan kontrol yang tidak memiliki penyakit. Para peneliti menemukan bahwa partisipan yang asupan vitamin D mengalami 26 persen penurunan risiko tinggi kanker payudara, ER dan PR, dan 21 persen penurunan risiko tumor ER atau PR.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa vitamin D berkaitan dengan pengurangan risiko kanker payudara tanpa memandang apakah status tumor ER atau PR.

Vitamin D ditemukan dalam makanan seperti minyak ikan, makanan yang diperkaya, seperti jus, sereal, dan susu, dan diperoleh dengan cara lain, seperti paparan sinar matahari.

Mengobati berbagai jenis kanker dengan menggunakan berbagai bahan obat alami yang mudah Anda dapatkan, baca info tentang obat herbal untuk menyembuhkan kanker.
Sumber: Kompas.com