Jumat, 27 Juli 2012

Atlet Buta Pecahkan Rekor Panahan

Atlet panahan asal Korea Selatan yang dinyatakan buta, Im Dong-hyun, memecahkan rekor dunia di Olimpiade London 2012. Dia mematahkan rekornya sendiri pada pertandingan 72 anak panah dengan nilai 699.

Rekor tersebut lebih tinggi tiga angka dari yang dibuat sebelumnya pada kejuaraan di Turki, Mei silam.

Im Dong-hyun Atlet Buta di Olimpiade

Tidak hanya itu, Im juga membantu timnya meraih rekor baru dengan catatan nilai 2.087. Bersama dengan rekannya, Kim Bubmin dan Oh Jin-Hyek, dia ikut menyumbang nilai dalam pertandingan 216 panah.

Untuk nilai individu, Bubmin hanya tertinggal satu poin dari Dong-hyung, sehingga harus menempati posisi dua dengan nilai 698. Sedangkan Jin-Hyek pada peringkat tiga dengan nilai 690.

"Ini baru putaran pertama, jadi saya tidak boleh terlalu gembira," kata Im yang hanya memiliki 10 persen penglihatan di mata kiri dan 20 persen di mata kanan dikutip huffington post, Jumat, 27 Juli 2012.

Keberhasilan di Olimpiade bukan jadi hal yang baru bagi Im. Sebelumnya, dia sukses menyumbangkan medali emas panahan beregu pada perhelatan di Athena 2004 serta Beijing 2008.

Im juga sempat tercatat sebagai atlet penahan peringkat satu dunia. Namun, pada 2011, posisinya diambil oleh Brady Ellison dari Amerika Serikat.

sumber: viva.co.id