Kamis, 26 Juli 2012

10 Manfaat Berciuman Bagi Kesehtan

Berciuman termasuk dalam ekspresi sayang serta bentuk keinginan untuk lebih dekat dengan seseorang yang kita cintai.  Berciuman ternyata tak hanya sebuah aktivitas fisik yang menyenangkan, ternyata olah bibir ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut 10 Manfaat Berciuman Bagi Kesehtan:


10 Manfaat Berciuman Bagi Kesehtan

1. Membakar kalori
Meski tak membakar kalori sebanyak berlari atau berolahraga di pusat kebugaran, berciuman bisa membakar sekitar satu sampai enam kalori dalam semenit.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Saat berciuman perpindahan bakteri memang akan terjadi. Namun aktivitas ini justru akan membuat tubuh memproduksi imunitas untuk melawan bakteri yang masuk tersebut.

3. Menyehatkan gigi
Berciuman dapat merangsang produksi air liur yang bermanfaat untuk menghilangkan bakteri yang merugikan di gigi. Dengan berkurangnya bakteri di gigi ini akan menghambat timbunan plak.

4. Membuat otot wajah kencang
Ciuman melibatkan 30 otot di wajah Anda. Ini akan menjaga otot tersebut kencang dan mencegah pipi Anda mengendur. Ketegangan otot tersebut juga membantu menghaluskan kulit dan meningkatkan sirkulasi.

5. Meredakan stres
Berciuman dapat mengurangi ketegangan, energi negatif dan menimbulkan rasa nyaman, menurunkan hormon kortisol yang menyebabkan stres.

6. Meningkatkan harga diri
Berciuman membuat seseorang merasa lebih dicintai dan dihargai. Secara umum, memiliki kepercayaan diri yang tinggi membuat Anda merasa lebih sehat.

7. Baik untuk kesehatan jantung
Ciuman memacu produksi adrenalin, membuat jantung memompa dan meningkatkan sirkulasi darah. Efeknya hampir sama dengan latihan aerobik seperti berjalan atau bersepeda.

8. Meningkatkan imunitas
Tak bisa dimungkiri bahwa saat berciuman juga terjadi pertukaran bakteri. Ada satu jenis bakteri spesifik yang disebut berbahaya untuk ibu hamil. Namun, para ahli percaya bahwa berciuman adalah salah satu cara untuk mengenalkan virus dalam dosis kecil sehingga bisa memicu kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi. Tetapi, tetap saja jika pasangan Anda sedang sakit, sebaiknya tunda dulu keinginan untuk berciuman karena kuman di kerongkongan mudah menular.

10. Mengurangi gejala alergi
Sebuah studi skala kecil di Jepang menunjukkan, pasangan yang berciuman selama 30 menit memiliki level IgE, yaitu protein pemicu gejala alergi, lebih rendah.