Selasa, 03 Juli 2012

Air Mancur Paling Indah dan Menakjubkan di Dunia

Air Mancur Paling Indah dan Menakjubkan di Dunia. Dari fungsi sampai fantasi, air mancur berevolusi dari sumber air minum menjadi karya seni. Hasil gerakan gravitasi air memanipulasi penglihatan dan mempertunjukkan karya artistik yang indah dipandang.

Sebut saja Buckingham Fountain sebagai salah satu landmark terkenal. Kemudian ada Millenium Park Crown Fountain yang membawa konsep abad ke-21. Yaitu terdiri dari dua menari kaca hitam di kedua sisi kanan kolam yang menggambarkan seribu warga Chicago dan menciptakan ilusi air.

Berkat teknologi, air mancur dapat dimainkan tak terbatas menyerupai gerakan-gerakan tertentu. Nah, berikut ini beberapa Air Mancur Paling Indah dan Menakjubkan di Dunia:

1. Moonlight Rainbow Fountain, Seoul
Moonlight Rainbow Fountain, Seoul

Air mancur ini berada di Jembatan Banpo dengan panjang 3,7km. Guinness World Record menjadikan Banpo sebagai jembatan terbesar di dunia dengan air mancur. Pada malam hari air mancur diterangi lampu warna-warni seperti pelanggi. Air yang digunakan berasal dari Sungai Han di bawahnya. Setiap 20 menit sekali, Moonlight Rainbow Fountain mempertunjukkan aksinya.

2. La Joute Fountain, Montreal
La Joute Fountain, Montreal

Elemen api ditambahkan pada air mancur perunggu di Place d'Armns ini. Setiap 32 menit sekali air menari selama musim panas di malan hari. Di antara pertempuran air dan api terdapat patung prajurit berkuda sedang berkelahi dengan tombak.

3. Fountain of Wealth, Singapura
Fountain of Wealth, Singapura

Air mancur perunggu dengan berat 85 ton ini menjadi air mancur terbesar di dunia. Air yang mengalir di dalamnya dipercaya membawa keberuntungan bagi yang menyentuhnya.

4. Swarovski Fountain, Austria

Air mancur keluar dari mulut patung raksasa hijau yang menempel di lereng bukit kota Wattens, Austria. Swarovski Fountain berada di Crystal Worlds yaitu area sureal dan instalasi seni yang dibuat seniman Andre Heller tahun 1995 untuk merayakan peringatan 100 tahun kristal Swarovski.

5. Stravinsky Fountain, Paris

Patung ini mewakili karakter Igor Stravinsky. Air mancur ini dibangun pada tahun 1993 sebagai bagian dari proyek seluruh kota.

6. Dubai Fountain – Burj Dubai, UAE

Air Mancur Dubai di Burj Dubai, UEA adalah salah satu air mancur terbesar dan paling berteknologi maju di dunia. Air mancur yang menghabiskan dana $218 juta dollar ini diresmikan pada bulan Mei 2009. Meskipun mirip dengan Fountain terkenal Bellagio di Las Vegas, Air Mancur ini 25% lebih besar dan menawarkan semprotan air setinggi gedung 50 lantai. Namun, yang lebih mengesankan daripada fakta dan angka adalah keindahan pertunjukan air terang.

7. King Fahd’s Fountain – Jeddah, Saudi Arabia

Di pantai Jeddah di Arab Saudi, air mancur ini mengesankan mendominasi cakrawala. Fountain Raja Fahd, yang telah beroperasi sejak tahun 1985, adalah jet air tertinggi di dunia. Semprot nya mencapai lebih dari 850 meter di atas Laut Merah dari mana ia menarik air. Sebuah pemandangan yang indah setiap saat sepanjang hari, ini terutama terjadi pada malam hari ketika lebih dari 500 lampu sorot menerangi jet air besar.

8. Kanazawa Station Fountain Clock – Kanazawa, Japan

Jam Air Mancur yang ada di Kanazawa adalah air yang luar biasa unik dan indah. Jika Anda berjalan melewati jam ini luar ruangan dengan cepat, Anda mungkin tidak melihat sesuatu yang aneh tentang hal itu. Tapi ini bukan jam digital biasa - itu sebenarnya air mancur menggunakan jet kecil air untuk memberitahu waktu. Air bahkan dapat menguraikan pesan dalam bahasa Inggris dan Jepang. Jet dikendalikan oleh sistem komputer yang memberitahu mereka ketika membuka, kapan harus menutup, dan seberapa tinggi untuk menyemprot air.

9. Fontana del Pantheon and Fontana di Trevi – Rome, Italy

Kota Italia terkenal karena banyak air mancur yang menakjubkan, dan dua yang paling terkenal adalah Air Mancur Pantheon dan Trevi Fountain. Air Mancur Pantheon dirancang dan dipahat pada abad 16 dan duduk di Piazza del Rotundo hanya di depan Pantheon. Air mancur itu sendiri dan marmer angka ada saat ini tidak asli, tetapi air mancur masih merupakan bagian magis dari kota Roma.