Kamis, 27 September 2012

Mengenal Smartphone Pertama di Dunia yang Menggunakan Layar Full Touchscreen, IBM Simon

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Smartphone full touchscreen saat ini menjadi tren dan banyak dijumpai pada berbagai jenis smartphone. Banyak orang yang mengatakan bahwa iPhone merupakan pioneer dalam desain handphone full touchscreen. Namun iPhone jelas bukan smartphone pertama di dunia yang memiliki layar full touchscreen.



Adalah sebuah smartphone bernama IBM Simon yang merupakan handphone pintar pertama di dunia yang dilengkapi dengan layar sentuh. Dari segi desain, handphone ini memang memiliki bentuk yang jauh berbeda dengan iPhone, terlebih dari segi ukuran. Kedua handphone tersebut berbeda 180 derajat.
IBM Simon pertama kali diperkenalkan pada ajang COMDEX yang diadakan pada tahun 1992. IBM Simon ini memiliki kemampuan sebuah handphone, PDA, pager serta mesin fax. Di dalamnya handphone ini juga terdapat beberapa aplikasi sederhana, seperti kalkulator, kalender, address book, serta world clock. Handphone ini pun tidak memiliki tombol fisik untuk navigasi. Sebagai gantinya, handphone ini mengandalkan layar full touchscreen yang bisa dioperasikan dengan tangan ataupun stylus.

Selanjutnya, handphone ini mulai dijual oleh salah satu operator telepon Amerika Serikat, BellSouth Cellular pada bulan Mei 1994. Sayangnya, dalam peluncuran awal tersebut, handphone ini sempat mengalami permasalahan dalam hal software dan akhirnya baru bisa diperoleh di pasaran pada 16 Agustus 1994.

Mengenai harga, smartphone yang satu ini pada saat itu dijual dengan harga $899 USD dengan dua tahun kontrak. Para konsumen pun bisa mendapatkan handphone ini secara unlocked dengan harga $1099 USD. Dalam enam bulan pertamanya, handphone ini mampu terjual sebanyak 50 ribu unit.

sumber