Jumat, 28 September 2012

Kenali Lima Gejala Kanker pada Reproduksi Wanita

Pada tahun 2008 lebih dari 80.000 wanita terdiagnosis kanker ginekologi. Dan hampir 30.000 perempuan meninggal karena penyakit tersebut. Sebuah studi menunjukkan dengan meningkatkan kesadaran dini pada kaum wanita, meningkatkan peluang ketahanan hidup yang besar.

Kanker ginekologi juga dikenal sebagai kanker reproduksi. Ada lima jenis kanker ginekologi yang kerap mengancam kehidupan wanita: serviks, ovarium, rahim, vagina dan vulva. Kanker tuba fallopi juga dianggap sebagai salah satu kanker ginekologi, hanya saja ini salah satu jenis kanker yang paling langka.

Penelitian ini mengamati wanita antara usia 40 dan 60 di seluruh Chicago, New york City, los Angeles dan Miami. Para peserta diminta untuk menjawab semua pertanyaan tertulis, mengenai gejala kanker ginekologi.

Menurut pimpinan studi Cynthia Gelb, spesialis komunikasi kesehatan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, ada lima gejala yang harus diwaspadai terhadap kanker ginekologi.

Lima tanda awal kanker ginekologi:

1. Vagina gatal atau seperti terbakar

2. Sakit perut

3. Mudah lelah sepanjang waktu

4. Sering buang air kecil tidak seperti biasanya

5. Kembung

Gelb juga menambahkan, wanita juga harus mengingat siklus menstruasi terakhir. Misalnya, jika terjadi pendarahan yang tak biasa, atau siklus menstruasi terjadi terus menerus, ini menjadi tanda kalau Anda harus segera mengunjungi dokter kandungan.

Melansir Medical Daily, perut kembung tidak bisa disepelekan. Apalagi jika berlangsung lebih dari dua minggu. Karena bisa jadi Anda terkena gejala awal dari kanker ginekologi.