Jumat, 28 September 2012

Asupan Ini Bisa Kurangi Risiko Kerusakan Sperma


Merokok, konsumsi minuman beralkohol, serta kebiasaan tidak sehat lainnya, bisa berdampak buruk pada kualitas sperma. Menurut penelitian yang dipublikasi dalam Journal Fertility and Sterility, seiring bertambahnya usia pria, kualitas sperma juga cenderung menurun.

Termasuk, lebih berisiko membawa mutasi gen yang nantinya bisa berdampak buruk pada pembuahan dan kualitas kesehatan janin. Untuk mengurangi risiko tersebut ada cara mudah yang bisa dilakukan para pria, yaitu dengan mengkonsumsi asupan tertentu.

Asupan-asupan ini, terbukti bisa mengurangi risiko kerusakan sel sperma hingga 20 persen. Sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para pria yang berencana memiliki anak.

1. Makanan kaya akan vitamin C
Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C. Bisa minum jus jeruk atau strawberry, lalu jadikan paprika merah sebagai tambahan dalam tiap masakan. Paprika diketahui mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

2. Folat
Kandungan folat, seperti dikutip dari YouBeauty, banyak terdapat pada sayuran hijau dan kacang polong. Ini merupakan nutrisi yang bisa membantu meningkatkan kualitas sperma. Tak hanya itu, dengan mengokonsumsinya juga bisa mengurangi risiko obesitas.

3. Vitamin E
Jadikan segenggam kacang almond sebagai cemilan. Itu karena, kandungan vitamin E pada almond sangat tinggi, dan vitamin tersebut berperan penting dalam melindungi sperma dari kerusakan.

4. Zinc
Tiram, udang dan makanan laut lainnya cenderung memiliki kandungan zinc yang cukup tinggi.  Namun, ini juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging merah, unggas, serta kacang-kacangan. Tak hanya bisa meningkatkan kualitas sperma, tapi juga menjaga kesehatan kelenjar prostat