Rabu, 17 April 2013

Berikut Ini Masjid-masjid Tertua di Dunia

Masjid menjadi tempat ibadah bagi umat muslim. Masjid disebut musholla, surau atau langgar jika berukuran kecil. Masjid tidak hanya dijadikan tempat untuk sholat, namun juga untuk mengadakan pengajian atau berkumpulnya suatu komunitas islam. Di bawah ini adalah  Masjid-masjid tertua di dunia. Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

 
1. Quba mosque
http://www.didunia.net/

Masjid ini berada di lingkungan terpenc di madinah di arab saudi. Akan tetapi, masjid ini menjadi masjid yang paling tua di dunia. Muhammad beribadah lebih dari 20 malam di masjid ini yaitu berdoa qasr sembari menunggu Ali yang rumahnya terletak di belakang masjid.


2. Al-Masjid al-Nabawi, Saudi Arabia

Nama masjid ini tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak yang sudah mengenal masjid yang terletak di madinah ini. Masjid ini dijadikan tempat peristirahatan terakhir oleh nabi muhammad.


3. Masjid al-Qiblatain, Saudi Arabia

Masjid al-qiblatain ini berada di kota Madinah di mana dulunya menjadi tempat untuk nabi muhammad mempin doa. Selain itu, diperintahkannya juga untuk melakukan pengubahan arah shalat (kiblat) dari yerusalem ke mekah. Belum lama ini, masjid tersebut mengalami perenovasian.


4. Jawatha Mosque, Saudi Arabia

Jawatha mosque berada di desa al-kilabiyah, sekitar 12km dari timur laut hofuf, al-ahsa, arab saudi. Masjid ini masih dijadikan tempat untuk berdoa.


5. Masjid al-Haram, Saudi Arabia

http://www.didunia.net/
Masjid al-haram dikenal sebagai salah satu masjid yang paling besar di dunia dan berada di kota Mekah. Masjid ini mengelilingi kabah. Masjid al-Haram juga disebut-sebut sebagai masjid agung.


6. Great Mosque of Kufa, Iraq

Masjid agung Kufah terletak di kufah, irak. Masjid ini termasuk dalam daftar masjid yang didirikan paling awal dalam islam. Bangunannya dibangun kira-kira di abad ke-7.


7. Mosque of Uqba, Tunisia

masjid uqba disebut juga sebagai masjid agung kairouan. Masjid ini menjadi salah satu terpenting yang ada di Tunisia.


8. Imam Hussain Mosque, Iraq

http://www.didunia.net/
Imam Hussain Mosque adalah tempat suci yang ada di karbala, irak. Bangunannya berada di lokasi Ali. Setiap tahunnya, banyak peziarah yang mengunjungi kota dan mengamati masjid tersebut.