Kamis, 20 Juni 2013

Teknik-teknik DJ

Teknik-teknik DJ banyak tapi yang umum di gunakan DJ seperti:
1. Cueing
2. Beat maching / Speed hunting
2. Mixing
3. Looping
4. Cutting

CUEING / CUE

Cueing /cue adalah menentukan start point atau simplenya membuat posisi start play lagu.Pembuatan CUE bisa di awal lagu atau di tengah lagu, tapi yang paling dasar adalah bagian pertama lagu.
tergantung kondisinya.

BEAT MACHING

Apa itu beat maching??
Beat maching adalah menyamakan ketukan lagu atau tempo / bpm.

MIXING

Mixing adalah proses mencampur atau memainkan lagu, musik secara bersamaan tapi terdengar enak. Beat maching dengan mixing hampir sama, bedanya MIXING lebih di tekankan pada proses penyamaan equalizer yaitu LOW, MID, HIGHT. Dan juga bagaimana kita

LOOPING/LOOP

looping berarti memutar lagu secara berulang-ulang berdasarkan ketukannya misal 4 beat,8 beat, 16, 32. kalo di virtula dj versi 5.0 skin dn-s5000 (search di box google di atas untuk download skinnya), fungsi loop yang tersedia cuma mentok 16 beat kalo di versi 5.2 bisa 32 beat. Terus gunanya apa loop itu?? Sebenarnya saat live djing jarang di gunakan bro..lihat timingnya aja.gunanya simple buat ngulur waktu buat nyamain beat ma ngasih variasi lagu yang sedang di putar keluar speaker. makannya lo pasti pernah denger dj lagi main kok lagu ada 2 ya. lagu so sexsi yg ngetren banget kok kaya di tambahin ya..jadi itu loop bro di padu dengan mixing. gituu..

CUTING

Cut berarti memotong. simple nya dalam mixing motong ketukan atau beat, atau cut lagu sebelum habis dengan melihat timing yang tepat. Jadi gak asal motong lagu bro..kalo asal gak enak didengarnya..contohnya: lagi enak-enaknya dengerin lagu so sexsi yg ngetren habis, sambil nyanyi eeh..di potong alias cut dah ganti lagu..yang ada audien..huuuuuu..pada teriak..gimana sih dj-nya?? hik.hik

Apalagi ya bro..sudah dulu kayak nih..jadi kesimpulan teknik - teknik DJ diatas itu saling berkaitan dan paling banyak di pakai plus sound control, improve/creative mixing, Personal Style, Schratching.