Sabtu, 22 November 2008

Perkenalan

Perkenalan(紹介)shoukai

Sebelum belajar bahasa jepang sebaiknya kita mempelajari tentang perkenalan,hal ini sangat penting karena sudah sering kita dengar kalau tidak kenal maka tak sayang.Begitu juga jika kita hidup di negeri sakura,tanpa adanya perkenalan susah sekali untuk melakukan komunikasi(….desu dibaca des…..)

Petunjuk baca kanjinya;
私   わたし    watashi=saya   
大学生 だいがくせい daigakusei=mahasiswa
研修生 けんしゅうせい kenshuuei=peserta magang/trainer
先生  せんせい sensei =guru



A.Bentuk positif atau pernyataan.

です
kata benda …wa kata benda...desu.
(…….adalah……)

ブデです
Watashi wa budi desu.             
(Saya adalah budi)


研修生です
Watashi wa kenshuusei desu.
(Saya adalah seorang peserta magang)


大学生です
Watashi wa daigakusei desu.        
(saya adalah seorang mahasiswa)

  • Kata benda di depan partikel wa(は) akan menjadi subjek.
    Kata benda di depan kata desu(です)akan menjadi predikat.
    Kata desu(です)merupakan akhiran ungkapan dalam bentuk halus.


B.Bentuk Negatif atau penyangkalan.

Penyangkalan dalam bentuk halus yang biasanya digunakan pada saat berpidato atau dalam penulisan kalimat-kalimat.


ではありません
K.benda wa K.benda dewa arimaseng.
(…….bukan……)


大学生ではありません
Watashi wa daigakusei dewaarimaseng .
(Saya bukan seorang mahasiswa.)


Penyangkalan dalam bentuk halus yang biasanya selain digunakan pada saat berpidato,dalam penulisan-penulisan kalimat,juga digunakan dalam percakapan sehari-hari.

じゃありません
K.benda
wa k.benda ja arimaseng.


研修生じゃありません
Watashi
wa kenshuusei ja arimaseng.
(Saya bukan seorang peserta magang)


Penyangkalan yang digunakan dalam percakapan sehari-hari

じゃないよ
K.benda
wa k.benda janaiyo.


先生じゃないよ
Watashi wa sensei janaiyo.
(saya bukan seorang guru)


C.Bentuk kalimat pertanyaan


ですか?
K.benda
wa k.benda desuka?
(apakah…..adalah……)


あなた大学生ですか?
anata wa daigakusei desuka?
(apakah anda seorang mahasiswa?)


D.Bentuk jawaban HAI(はい) dan IE(いえ)


はい…….……です
Hai k.benda wa k.benda desu.
(ya….adalah…..)


はい私は大学生です。
Hai
,watashi wa daigakusei desu.
(ya,saya adalah seorang mahasiswa)


いいえ…..…..ではありません/じゃありません/じゃないよ
Iie….wa….dewa arimaseng/ja arimaseng/janaiyo.
(bukan….bukan…..)


いいえ大学生ではありません/じゃありません/じゃないよ
iie watashi wa daigakusei dewa arimaseng/ja arimaseng/janaiyo.
Bukan,saya bukan seorang mahasiswa