Sabtu, 06 Oktober 2012

WOW! NASA Berhasil Abadikan 'Mata Tuhan'

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Selalu ada saja hal-hal menarik di luar angkasa ini. Mulai dari komet, planet sampai galaksi, semuanya penuh misteri dan menarik untuk terus diteliti. Seperti halnya baru-baru ini, tertangkapnya 'mata Tuhan' di angkasa.

WOW! NASA Berhasil Abadikan Mata Tuhan

Dua buah teleskop angkasa milik NASA berhasil mengabadikan sebuah foto Helix Nebula yang sangat spektakuler. Nebula yang memiliki jarak 650 tahun cahaya dari bumi ini didominasi warna biru tua dengan dikelilingi beberapa warna terang lainnya.

Yang menjadikan foto ini menarik adalah bentuk dari Helix Nebula ini menyerupai sebuah mata yang memiliki kesan sedang mengawasi apa yang sedang terjadi di jagat raya. Para peneliti dari NASA sempat memberikan nama untuk foto Helix Nebula ini dengan sebutan 'mata Tuhan.'

Seperti yang dilansir CBS News (05/10), Helix Nebula yang berada di konstelasi Aquarius ini diperkirakan nantinya akan berubah menjadi planetary nebula atau sebuah emisi nebula yang terdiri dari cangkang gas terionisasi yang bersinar yang sedang mengembang yang dikeluarkan selama fase masa asimtotik dari beberapa jenis bintang dalam siklus akhir kehidupan bintang tersebut (Wikipedia).

"Bintang putih kerdil (white dwarf) yang berada di bagian tengah Helix Nebula memiliki ukuran kurang lebih sama dengan bumi," jelas salah seorang peneliti dari NASA. Bintang tersebut memancarkan radiasi ultraviolet yang dapat membuat gas di sekelilingnya menyala.

sumber