Senin, 15 Oktober 2012

Wow! Gitar Akustik Pertama Yang Dicetak 3D

detail berita

Artikel Zamrud Hijau - Gitar berikut bukanlah gitar biasa. Diyakini, ini adalah gitar akustik pertama yang dibuat dengan teknologi cetak 3D. Awalnya, Scott Summit sang pembesut gitar ini psimistis bahwa suara yang dihasilkannya tidak sebagus gitar 'normal'. Namun setelah dites, ahli desain ini mengklaim bahwa suaranya memuaskan. "Gitar ini berfungsi dan terdengar sangat bagus," ujarnya.

Untuk membuat gitar yang dimaksud, Summit berkutat dengan laptopnya di tengah liburan guna menggarap desain model 3D. Ia lantas mengirimkan desain ini ke 3D Systems (DDD) di mana dengan pemakaian printer 3D berukuran besar, mentransfromasikannya menjadi instrumen akustik betulan yang bisa dimainkan.

Memang, sebelumnya ada yang membuat gitar dengan teknologi cetak 3D, namun gitar tersebut adalah gitar elektrik. Oleh karena itulah disebut-sebut ini merupakan gitar akustik pertama yang dicetak dengan teknologi tersebut.

Tak berpuas sampai di situ, Summit berencana akan bereksperimen dengan desain yang lebih radikal untuk melihat bagaimana hal itu bisa mengubah suara yang dihasilkan. Ia juga bermimpi suatu saat nanti, orang bakal bisa memakai software untuk mendesain gitar idealnya lantas mencetaknya.

sumber