Jumat, 12 Oktober 2012

Wih, Sekarang Sapi Pun Bisa Kirim Sms!





[imagetag]

SMS kini tidak hanya dilakukan oleh sesamamanusia. Di Swiss, sedang dilakukan riset agar seekor sapi bisa mengirimkanpesan singkat kepada pemiliknya.

Pesan yang dikirim itu akan menginformasikanbahwa sapi tersebut siap diperah. Jadi para peternak tak perlu lagimenerka-nerka kapan waktu yang tepat untuk memerah susu.

Hal tersebut sedang diuji coba oleh ChristianOesch, pemilik peternakan sapi di 44 Red Holstein dan Jersey. Ia coba memasukansensor ke dalam beberapa sapi perah untuk mengetahui kondisinya.

Cara kerja alat tersebut tergolong simpel dandiklaim sangat akurat. Sensor akan mendeteksi tingkat kehangatan sapi, karenabiasanya sapi yang sudah siap diperah memiliki suhu tubuh yang tinggi.

"Hasilnya adalah kombinasi darialgoritma, jika sapi dalam keadaan panas maka langsung mengirimkan SMS kepeternak. Tingkat akurasinya hingga 90%," klaim Claude Brielmann,spesialis komputer yang merancang sistem tersebut.

Sensor tersebut juga sudah dilengkapi denganslot kartu SIM, dan bisa secara otomatis mengirim pesan dalam tiga bahasa utamadi Swiss, yakni Jerman, Perancis dan Italia. Demikian detikINET kutip dari NewYork Times.

Sumber

#bcfda5