Sabtu, 13 Oktober 2012

"Surat Tuhan" Dilelang Seharga Rp 28 Miliar





[imagetag]

Sumber gambar : News.cnet.com.

Baca dulu : Surat Ini Membuktikan Albert Einstein Pertanyakan Adanya Tuhan.

CALIFORNIA  "Surat Tuhan" itu ditulis tangan di permukaan sebuah manuskrip bergaya gothic. Ini merupakan surat paling berharga peninggalan Albert Einstein yang berisi pandangan dia terhadap Tuhan, agama dan kemanusian.



Dilansir dari The Age, Sabtu (13/10/2012), surat yang ditulis oleh figur pemikir paling menonjol di Eropa itu telah disimpan selama empat tahun, dalam lemari besi yang suhunya terkendali.



Surat yang dikenal sebagai "Surat Tuhan" itu kini dilelang di sebuah situs daring, bersisian dengan berbagai barang lain seperti Action Figure yang tergigit, tas bekas mirip Chanel dan sebungkus tiket konser yang tak terbeli. Surat ini dibuka dengan harga USD3 juta atau sekira lebih dari Rp 28 miliar.



Pemilik surat legendaris Einstein tersebut tidak mengumumkan namanya dan memutuskan menjualnya melalui eBay. Tawaran harga akan diterima melalui situs lelang tersebut (melalui einsteinletter.com) sampai 18 Oktober mendatang.



Namun, "Surat Tuhan" ini bukanlah benda mahal satu-satunya yang pernah dilelang di situs eBay. Faktanya, saat ini sedang terjadi tren di mana vendor menjual barang antik serta koleksinya secara daring.



Situs Live Science mengatakan surat yang ditulis tangan oleh Einstein tersebut ditujukan kepada filsuf Jerman Eric B. Gutkind pada 3 Januari 1954, setahun sebelum kematiannya. Surat tersebut merupakan respon atas buku Gutkind yang berjudul "Choose Life: The Biblical Call to Revolt".



Dalam satu bagian suratnya, Einstein menulis, "Bagi saya agama Yahudi, sama halnya dengan agama lain adalah sebuah penjelmaan takhayul kekanakan. Dan orang Yahudi yang juga merupakan bagian dari saya dan dengan mentalitas yang saya miliki, tidak memiliki kualitas berbeda ketimbang orang lain."



"Sejauh pengalaman saya, mereka juga tidak lebih baik dari kelompok manusia lain, meskipun terlindungi dari kanker terburuk karena kelemahannya. Selain itu, saya tidak melihat apapun 'yang terpilih' pada diri mereka," imbuhnya.

Sumber : Okezone

#98fcde