Sabtu, 13 Oktober 2012

Ternyata Jokowi Orang yang Jahil & Cengeng


Artikel Zamrud Hijau - Wajah Gubenur DKI Jakarta terpilih, Joko Widodo (Jokowi), tampak tersipu malu saat mendengar nama Sutarti Wardoyo, mantan Kepala Sekolahnya di SD Tirtoyoso Tirtonadi.

Awalnya, saat ditanyakan, Jokowi kebingungan mengingat-ingatnya. "Waduh yang mana ya. Ooh Bu Wardoyo toh. Ya saya ingat sekali dengan beliau. Nanti saya akan sowan ke beliau. Sebenarnya saya sudah lama banget ingin datang ke beliau. Tapi belum ada waktu,"papar Jokowi saat berbincang dengan Okezone, di Lodji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (13/10/2012).

Jokowi tidak henti-hentinya tertawa saat mengingat masa kecilnya yang selalu mengejar-ngejar becak yang dinaiki bekas gurunya itu.

"Ya, saya ingat sekali. Saya selalu berlari-lari di belakang becak beliau sampai ke sekolah. Begitu tiap hari," paparnya.

Menurut Jokowi, Sutarti Wardoyo guru yang sangat sabar. Meski dia seorang kepala sekolah, namun Sutarti mau turun ke bawah. Bahkan, Sewaktu duduk di bangku sekolah dasar, Sutarti Wardoyo mengajarkan dirinya bernyanyi.

"Saya kalau manggil Bu Wardoyo. Dia guru nyanyi. Karena beliau, saya suka menyanyi," ujarnya.

Kenangan-kenangan lainnya, sewaktu duduk di bangku sekolah, adalah kejahilan dirinya yang senang mengganggu teman-temannya. Waktu di SD, tidak ada teman-temannya yang tidak luput dari kejahilannya. Termasuk FX Hadi Rudyatmo (Wakil Wali Kota) juga dijahilinya.

"Udahlah, kalau diceritakan tidak ada habis-habisnya. Tapi asik juga waktu di SD," kenangnya.

Selain terkenang dengan mantan gurunya, Jokowi juga teringat akan Sutarti,pengasuh dirinya waktu kecil yang tinggal di Kadipiro, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

"Saya ingat dengan Bu Tantri. Seingat saya, dia yang mengasuh saya waktu masih kecil, tapi saya sudah lupa," paparnya.

Jokowi mengakui bila sewaktu dirinya kecil, gampang sekali menangis. Karena sifatnya yang gampang menangis, membuat orang disekitarnya kebingungan. Sehingga dirinya acap kali dititipkan kepada para tetangga-tetangganya. OkeZone

sumber