Rabu, 03 Oktober 2012

Solusi mengatasi masalah kehilangan dompet (part I)

Haduh shad baru saja merasakan pahitnya kehilangan dompet sementara harta shad sendiri 95% ada di dalam dompet tersebut. beberapa benda yang membuat saya kerepotan adalah KTP, SIM, ATM, dan STNK saya. kali ini shad ingin berbagi mengatasi masalah kehilangan dompet serta solusi nya dan langkah pertama yang harus anda lakukan saat kehilangan dompet. sebelumnya saya ingin berbagi cerita atau lebih tepatnya sih curhat sedikit.
Solusi mengatasi masalah kehilangan dompet

Kehilangan dompet itu rasanya kaya baru pertama kali naik pesawat yang sayapnya hilang satu dan terbangnya jadi muter-muter terus ketemu monster yang matanya cuma satu serta hidung seperti belalai gajah udah gitu pesawatnya di tangkap pake hidung si monster lalu di lempar keluar angkasa. begitulah rasanaya kehilangan dompet haha pahit banget kan rasanya.
Tapi tenang aja kali ini shad akan berbagi sedikit mengenai pengalaman pribadi shad yang baru saja kehilangan dompet.

langsung saja tanpa basa-basi lagi saya memberikan solusi masalah kehilangan dompet.
langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah:
1. Telpon kostumerservis bank tempat anda membuat ATM.
Karena saya menggunakan ATM mandiri jadi saya telpon 14000 dan segera memblokir ATM saya agar tidak di salahgunakan oleh orang yang menemukan dompet saya.

2. membuat surat laporan kehilangan di kantor kepolisian setempat.
Anda dateng aja kekantor polisi terus melaporkan bahwa dompet anda hilang serta surat-surat yang ada di dalam dompet anda ikut lenyap semuanya, ntar pak polisi nya bakal buat laporan yang ntar anda antarkan laporannya ke bank(untuk membuat atm baru), kantor kelurahan (untuk membuat ktp baru), kantor polisi (untuk membuat sim baru), dan samsat (untuk membuat stnk baru). khusus untuk membuat stnk jangan lupa sertakan fotocopy BPKB anda.

3. Membawa surat laporan ke kantor kecamatan.
Nah disini ada beberapa persyaratan tambahan untuk membuat KTP baru. yang pertama bawa fotocopy kartu keluarga, foto 2x3 1 lembar, serta fotocopy ktp anda. Jangan lupa bilang sama petugas di kantor kecamatan kalo ingin cepat selesai ktp nya paling nanti anda dikenakan biaya tambahan sedikit kok agar KTP anda langsung jadi. Pengalaman pribadi saya sih saya bayar 70rb. saya hanya menunggu dirumah sambil mengetik artikel ini eh tiba-tiba 1 jam kemudian saya ditelpon oleh pihak kecamatan bahwa KTP saya udah jadi. #asiiikk

4. Ke bank untuk membuat ATM baru.
Kenapa saya menyarankan anda ke kantor kelurahan dulu sebelum ke bank? karena percuma kalo anda ke bank tanpa identitas, anda pasti akan diminta untuk membuat KTP terlebih dahulu baru bisa membuat atm baru. syarat yang di minta oleh pihak bank adalah Identitas diri (KTP/SIM), buku tabungan, dan surat dari kantor kepolisian. oh iya saya lupa pada saat anda membuat surat laporan jangan lupa menyertakan no rekening anda di surat laporan dari kepolisian ya. setelah itu anda tinggal tunggu proses pembuatan atm baru anda kurang lebih 1 jam.

untuk langkah berikutnya shad belum bisa share dulu ya karena shad sendiri baru sampai di proses pembuatan KTP dan ATM. Untuk SIM dan STNK baru akan saya proses besok karena sekarang udah sore jadi kantor polisi pasti sudah tutup :)
okey setelah SIM dan STNK saya selesai di proses, saya akan kembali melanjudkan artikel Solusi mengatasi masalah kehilangan dompet (part II).

Sedikit tips tambahan dari shad, "ketika anda kehilangan dompet sebaiknya jangan panik, relakan saja uang yg ada didompet anda karena seandainya ada yang mengembalikan dompet anda saya yakin 70% uang anda sudah lenyap tapi anda harus bersyukur kalau surat-surat penting di dompet anda masi utuh. Panik hanya menambah beban pikiran bagi anda, jadi lakukan saja langkah pertama diatas dan anda santai saja dan ikhlasin yang udah terjadi meskipun itu berat" (ciee cieee shad lagi ceramah wakakakak)

Jangan lupa likenya ya kalo artikel ini bermanfaat.


Baca artikel selanjudnya disini Solusi mengatasi masalah kehilangan dompet (part II)