Senin, 22 Oktober 2012

Solusi Mengatasi Masalah Kehilangan dompet Part III

Solusi mengatasi masalah kehilangan dompet

Hallo sobat shad, kali ini shad ingin melanjudkan artiken tentang Solusi Mengatasi Masalah Kehilangan dompet Part I dan Solusi Mengatasi Masalah Kehilangan dompet Part II maka artikel kali ini tentang Solusi Mengatasi Masalah Kehilangan dompet Part III . Dalam Artikel kali ini shad khusus membahas cara membuat STNK baru untuk sobat yang kehilangan STNK. dalam membuat STNK butuh banyaka proses dan membutuhkan waktu berhari-hari. Sebenernya gak berhari-hari juga sih tapi karena shad nya aja yang sering ngaret buat ngurus STNK baru yang hilang jadi nya butuh waktu sekitar dua minggu sampai STNK shad bener-bener selesai hehe.
Oke langsung ajj dah shad jelasin cara membuat STNK baru baru.
Berikut langkah dan syarat membuat STNK duplikat untuk kasus kehilangan STNK.

1. Buat laporan Kehilangan di kantor Polisi.
disini syarat utama yang dibutuhkan untuk membuat laporan adalah fotocopy BPKB atau sekalian bawa saja BPKB yang asli dan kalu ada fotocopy STNK nya sekalian saja dibawa. Dalam membuat laporan tidak dipungut biaya tapi bila anda ikhlas ingin memberi sebagai tanda terimakasih karena telah dibuatkan laporan oleh pak polisi yang sedang bertugas anda bisi memberikan seiklasnya saja (kalo saya sih saya kasi 20rb aja cz polisi nya baik sih :D). Nanti setelah membuat laporan anda akan dijelaskan harus kemana anda setelah membuat laporan kehilangan STNK tersebut.

2. Buat Berita kehilangan di koran dan radio.
Sebenarnya setelah membuat laporan anda disuruh pergi ke samsat untuk cek fisik kendaran anda tapi saya sangant menyarankan anda sebaiknya pergi ke koran dan radio untuk membuat berita kehilangan terlebih dahulu karena berita tersebut nanti diperlukan untuk membuktikan ke samsat bahwa anda telah telah benar-benar membuat berita kehilangan di koran dan radio lokal. Murah kok untuk biasaya nya, kalo dikota saya sendiri di Indramayu untuk pasang berita kehilangan dikoran dan di radio membutuhkan biaya masing-masing 25rb jadi total 50rb dan jangan lupa liat tanggal terbit berita anda lalu beli koran tersebut saat terbit karena dari pihak samsat membutuhkan bukti berupa kliping koran berita kehilangan anda tersebut.

3. Cek Fisik kendaraan di SAMSAT.
pada langkah nomor 2 dan 3 anda boleh mendahulukan langkah mana yang harus anda prioritaskan terlebih dahulu tapi sarah saya sih sebaiknya anda mendahulukan langkah no 2 terlebuh dahulu biar gak bolak-balik nanti karena saya sendiri mendahulukan langkah no 3 dan hasilnya malah bolak-balik sob.
Cek Fisik kendaraan itu nanti anda cari ajj tempat cek fisik di kantor samsat atau anda bisa tanyakan langsung pada pak polisi yang sedang bertugas saat itu. gak butuh waktu lama kok untuk tes fisik kendaraan. setelah tesfisik jangan lupa anda kembali ke samsat untuk meminta formulir pendaftaran untuk menduplikat STNK. nanti juga anda di jelaskan kok langkah apa selanjudnya yang harus anda lakukan saat minta formulir pendaftaran tersebut.

4. Balik lagi kekantor polisi untuk buat BAP.
Nah setelah buat laporan, test fisik, dan buat berita di koran dan radio sekarang anda harus membuat berita acara di kasat reskrim. kasat reskrim ada di kantor polisi juga kok sob jadi anda tinggal tanya-tanaya aja kasat reskrim di mana setelah itu anda duduk diam kadang-kadang di introgasi juga sih sama pak polisi nya untuk membuat berita acara yang benar. ntar setelah membuat berita acar sobat disuruh ke bagian lalu lintas untuk minta di cap berita acara serta laporan kehilangan sobat.

5. Balik lagi ke SAMSAT
Setelah semua syarat untuk menduplikat STNK lengkap sekarang anda tinggal balik lagi ke kantor Kantor SAMSAT untuk membuat duplikat STNK. sebaiknya anda cek dulu syrat-syarat untuk membuat STNK anda udah lengkap belum? berikut syarat-syarat nya:
-Laporan kehilangan yang sudah dilegalisir (yang anda buat di langkah pertama tadi)
-Fotocopy identitas asli (identitas pemilik kendaraan)
-Fotocopy STNK (kalo ada, kalo gk ada juga gpp kok)
-Fotocopy BPKB dan aslinya (ini yang wajib ada sob)
-Cek Fisik (surat yang anda dapat pada langkah ke tiga)
-kliping koran (potongan koran bukti iklan anda sudah diterbitkan)
-kwitansi penyiaran radio (kwitantansi yang didapat pada langkah kedua)
-mengisi surat pernyataan bermaterai (akan diberikan saat anda meminta formulir penftaran di samsat)
-BAP dari Polres (ada pada langkah keempat)


Setelah semua syarat diatas lengkap anda tinggal berikan semua surat tersebut pada polisi yang bertugas di samsat nanti anda akan disuruh menunggu 3-5 hari untuk mendapatkan STNK yang baru. Biaya yang diperlukan untuk membuat STNK baru adalah 5orb(murah kan) jadi total biaya yang anda butuhkan untuk membuat STNK baru sekitar 100rb-200rb rupiah saay rasa itu adalah harga yang pantas untuk membayar kesalahan anda yang teledor karena menghilangkan STNK anda.
sedikit tips dari saya, saat surat" untuk syarat yang diberikan saat melakukan semua langkah diatas dari Solusi Mengatasi Masalah Kehilangan dompet Part I, Solusi Mengatasi Masalah Kehilangan dompet Part II dan Solusi Mengatasi Masalah Kehilangan dompet Part III sebaiknya anda fotocopy surat-surat tersebut untuk pegangan anda untuk menghindari kejadian yang tidak terduga seperti penyalahgunaan identitas atau apalah. jadi kalo ada apa-apa anda memiliki bukti bahwa itu bukan anda karena identitas anda pernah hilang dan anda bisa menunjukan bukti nya. (ini tips dari Babeh ane gan Pak Johny Pesiwarissa orang yang ane kagumi #promosiBOKAP :D)
oke deeh sekian dulu artikel tentang Solusi Mengatasi Masalah Kehilangan dompet Part III , semoga artikel ini membantu sobat yang mengalamai masalah kehilangan dompet dan ingin membuat STNK baru. kalo ada yang belum jelas jangan sungkan untuk bertanya karena shad akan dengan senang hati menjawab pertanayaan sobat sekalian. jangan lupa like nya gan :)