Senin, 15 Oktober 2012

Pisau Swiss Army Kuno Ini Di Sinyalir Berusia 1800 Tahun



[imagetag] 


Pisau Swiss Army tentu cukup terkenal. Selain karena kualitas, pisau

ini juga multifungsi. Sebuah pisau

, biasanya bisa dipakai berbagai keperluan karena memang tersedia banyak alat dalam satu pisau. Tapi apakah Anda pernah tahu bentuk pisau Swiss Army yang dibuat pertama kali.

Pisau tersebut saat ini disimpan di galeri barang antik Museum Fitzwilliam, Cambridge, Inggris. Ditemukan di sebuah wilayah Mediterania 20 tahun

lalu dan mulai dipajang di museum pada tahun

1991. Bentuknya cukup unik dan sangat berbeda dengan pisau Swiss Army modern. Pisau ini berukuran 8 x 15cm dan diperkirakan dibuat pada zaman Romawi kuno

pada 200 tahun setelah Masehi.

Namanya juga pisau Swiss Army, pada edisi kuno

sekalipun pisau ini sudah multifungsi. Pada pisau Swiss Army zaman Romawi kuno ini sudah tersedia spatula, sendok, garpu, tusuk gigi kecil dan tentu saja, pisau. Para ahli percaya, pisau ini biasa digunakan untuk menghaluskan daging dan bisa juga dipakai membuka tutup botol saos untuk memasak.

"Kemungkinan besar pisau ini dibuat pada masa 200 sampai 300 tahun setelah Masehi. Yaitu pada saat Kerajaan Romawi mengalami masa kejayaan mereka," demikian keterangan para ahli. Para ahli juga menyimpulkan pisau yang dibuat dari campuran perak dan besi tersebut kemungkinan dibawa oleh pengelana kaya.

Pisau Swiss Army modern sendiri pertama kali dibuat di Ibach, Swiss tahun 1897 oleh seorang pensiunan tentara Swiss bernama Karl Elsener. Pisau ini awalnya digunakan sebagai salah satu alat penunjang di medan perang dan berkembang menjadi alat wajib yang dipakai di medan perang.Semoga menambah wawasan kita semua.

#bcfda5