Senin, 08 Oktober 2012

Perbedaan Cara Bergaul Orang Jepang Dan Amerika



[imagetag]

Perbedaan Orang Jepang dengan Amerika dalam Pergaulan . Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa ternyata orang Jepang cenderung tidak membagi detail informasi mengenai dirinya kepada sesamanya untuk mempererat jalinan pertemanan dibandingkan dengan orang Amerika yang cenderung bebas bercerita hal apa saja ke temanya.

"sepertinya di Jepang, orang-orang cenderung tertutup dan sulit sekali terbuka untuk menceritakan segala hal tentang dirinya sendiri ke teman dekat mereka," ungkap Joana Schug, seorang peneliti berkebangsaan Amerika yang tinggal di Jepang.

Schug berpendapat bahwa perbedaan ini berhubungan dengan bagaimana jalinan pertemanan itu terjalin di dua negara. Kehidupan pertemanan di Jepang dimana diketahui jalinan sosialnya lebih bersifat kaku maka pengungkapan hal-hal yang bersifat persoal dianggap tidak perlu diungkapkan, sedangkan di Amerika dimana jalinan pertemanan lebih bersifat dinamis yaitu teman cenderung datang dan pergi maka pengungkapan ini dirasa sangat perlu.

Schug dan koleganya juga menambahkan, pengungkapan permasalahn personal yang cenderung diungkapkan oleh masyarakat Amerika pada teman dekatnya ini berguna untuk memperkuat jalinan pertemanan yang cenderung bersifat labil, sehingga jalinan pertemanan perlu di maintain dengan cara mengungkapkan hal-hal yang bersifat personal. (dari ScienceDaily.com)

Sumber

#db4ef9