Kamis, 18 Oktober 2012

Kenali 6 Masalah Umum Kulit





[imagetag]

Tak hanya kaum remaja yang baru menginjak masapubertas, wanita dewasa pun tak lepas dari masalah jerawat hingga saat ini.



Bahkan, seperti dilansir Daily Mail, datastatistik terbaru menunjukkan kalau 50 persen wanita menderita

Ahli kulit percaya bahwa peningkatan hormontestosteron adalah penyebab utamanya. Hormon ini, mengakibatkan produksi minyakberlebih oleh kelenjar secaceos. Efek terlalu banyak minyak di kulitmenyebabkan penumpukan sel kulit mati dan penyumbatan pori-pori, sehinggabakteri lebih cepat tumbuh dan memicu peradangan.

Gaya hidup

juga menjadi salah satu faktor penyebabmunculnya jerawat pada usia dewasa. Kebiasaan mengonsumsi junk food, merokok,meminum minuman beralkohol, dan makanan yang banyak mengandung gula juga memicujerawat.

Menurut dokter kulit, Dr. Suksmagita Sp.KK,mengatasi kulit berjerawat bukanlah hal sulit. Anda hanya perlu melakukan tigalangkah mudah, yaitu membersihkan, menyegarkan, dan menuntaskan.Namun biasanya, wajah berjerawat diikuti dengan masalah kulit lain.

"Ada enam masalah yang sering timbul padakulit wajah, yaitu jerawat, minyak yang berlebih, komedo, bekas jerawat, poribesar, dan kemerahan. Untuk mengatasinya bukanlah hal yang rumit," ujarDr. Gita.

Penting untuk mengenali kondisi kulit wajahdan masalah yang dialaminya. Tentunya, agar Anda cepat mencari solusi untukmengatasinya.

1. Jerawat

Keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat danmeradang, kadang terdapat manifestasi bakteri terjadi sehingga timbul nanah. Penyebabjerawat muncul diantaranya adalah: produksi minyak berlebihan antara lainkarena hormon androgen terutama pada masa puber, sel-sel kulit mati menyumbatpori-pori, bakteri, kosmetik, obat-obatan. Salah satu bahan yang efektifmemerangi bakteri, membuang lapisan kulit mati dan mengurangi produksi minyakadalah salicylic acid.

2. Berminyak

Secara alamiah kulit memang menghasilkanminyak yang diperlukan untuk menjaga kelembaban. Tetapi, produksi minyakberlebih akan membuat debu dan kotoran menempel di pori-pori dan bisamengakibatkan munculnya jerawat. Beberapa penyebab kulit memproduksiminyak berlebih adalah pola makan yang buruk, faktor hormonal, penggunaan jeniskosmetik yang tidak sesuai, faktor keturunan, dan obat-obatan.

3. Komedo

Komedo sebenarnya adalah minyak yang tersumbatdalam pori-pori yang terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka ataublackhead, terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yangtertutup atau whitehead terlihat menonjol di atas pori-pori yang tersumbatsehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil.

Jerawat

jenis komedo ini disebabkan sel kulitmati yang menyumbat pori dan sekresi kelenjar minyak berlebih pada kulit.Membersihkan wajah dengan menggunakan scrub dapat membantu mengangkat sel-selkulit mati penyebab komedo.

4. Bercak coklat

Jerawat

lazimnya meninggalkan bekas yang berupabercak kecoklatan. Sedikit atau banyak bekas jerawat yang ditinggalkanterkadang membuat krisis percaya diri penderitanya. Bekas jerawat ini ibaratluka pada kulit, di mana regenerasi kulit sangat menentukan agar kembaliseperti sedia kala. Dari beberapa jenis bahan aktif yang dapat dicoba, ekstrakblueberry dapat membantu mempercepat regenerasi kulit.

5. Pori-pori besar

Pada dasarnya ukuran lubang pori wajahdipengaruhi oleh banyaknya minyak yang diproduksi. Faktor yang berperan padaproduksi minyak ini diantaranya adalah faktor genetik, paparan sinar matahari,aktifitas fisik, dan hormonal.

Namun dengan bertambahnya usia, lubangpori-pori cenderung terlihat lebih besar. Lubang pori yang besar dapat mengurangipenampilan kulit yang kenyal dan mulus. Penyebab pori-pori yang besar antaralain, produksi minyak yang berlebihan, penyumbatan pori akibat kulit wajahtidak terjaga kebersihannya dan pemakaian kosmetik yang tidak tepat.

6. Kemerahan

Pembesaran pembuluh darah yang terjadi saat jerawatmeradang menimbulkan warna kemerahan. Pengunaan produk perawatan jerawat yangtepat dapat mengurangi peradangan sehingga bercak merah yang kerap menetap lamasetelah jerawat sembuh dapat dihindari.

Mencuci wajah

secara rutin saat pagi hari sebelummenggunakan pelembab dan di malam hari sebelum tidur sangat dianjurkan. Hal inimembuat Anda terhindar dari kelebihan minyak serta membersihkan sel kulit matipenyumbat pori-pori.

Jangan lupa untuk selalu memerhatikan produkperawatan yang Anda gunakan. Pastikan produk tersebut cocok untuk jenis kulit,apalagi saat wajah berjerawat karena lebih sensitif.

Pilih produk berbahan ringan dan mengandungbahan aktif antibakteri salicylic acid. Bahan tersebut bisa membantu mengurangiminyak berlebih. Pilih juga yang mengandung ekstrak blueberry yang bisamembantu proses regenerasi kulit untuk menyamarkan noda bekas jerawat.

#bcfda5


#bcfda5