Jumat, 05 Oktober 2012

Kebiasaan Yang Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Payudara



[imagetag]


Salah satu jenis kanker yang cukup ditakuti oleh sebagian besar perempuan adalah kanker payudara. Untuk menghindarinya ada 3 kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan karena terbukti meningkatkan risiko kanker payudara.

Kanker payudara timbul akibat berkembangnya sel kanker secara abnormal di daerah payudara. Jika ditemukan secara dini kanker ini memiliki tingkat kesembuhan yang baik, namun jika sudah stadium lanjut umumnya tingkat kesembuhan semakin menurun.

Berbagai hal memang diketahui bisa memicu terjadinya kanker payudara seperti pengaruh lingkungan atau genetik. Namun di luar kedua hal ini, beberapa kebiasaan tertentu juga turut menyumbang risiko terkena kanker payudara.

Untuk membantu mengurangi risiko kanker payudara, 3 kebiasaan berikut ini sebaiknya dihilangkan dari kehidupan Anda mulai sekarang, seperti dikutip

1. Terlalu sedikit tidur

Kurang tidur atau hanya memiliki sedikit waktu untuk tidur tidak hanya membuat orang sulit konsentrasi bekerja atau sekolah keesokan harinya, namun juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Sebuah penelitian baru menemukan mempertahankan kebiasaan tidur dengan kualitas yang baik dan cukup bisa mengurangi risiko berkembangnya bentuk agresif dari kanker payudara. Untuk itu pastikan selalu mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

2. Konsumsi 3 gelas wine

Minum segelas wine sehari telah terbukti bisa mencegah beberapa penyakit, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan justru bisa memiliki efek sebaliknya. Studi menemukan konsumsi 7-14 gelas seminggu bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara hingga 60 persen.

3. Terlalu sering leha-leha di sofa

Bersantai di sofa setelah beraktivitas seharian memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi jika terlalu sering dilakukan bahkan hingga melewatkan waktu untuk olahraga maka bisa memiliki efek buruk, salah satunya adalah meningkatkan risiko kanker payudara.

Kondisi ini tidak hanya menyebabkan obesitas, tapi olahraga telah terbukti bisa mengurangi risiko kanker payudara. Untuk itu hindari terlalu sering bersantai di sofa, tapi luangkan waktu untuk berolahraga.

Sumber
#98fcde