Selasa, 16 Oktober 2012

Inilah Tempat Istirahat Pramugari Di Pesawat Saat Penerbangan Jauh (Betapa Sederhananya!)





[imagetag]

wartasatu.net -

Bagi banyak orang, menaiki pesawat terbang adalah sebuah impian dan angan-angan. Bagi masyarakat ekonomi bawah saat ditanya tentang "menaiki pesawat terbang", pasti mereka akan menjawab: "wah mahal."

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah, karena saat ini banyak maskapai penerbangan berbiaya rendah, khususnya untuk tujuan-tujuan yang dekat dan bukan penerbangan antar benua.

Berbicara penerbangan antar benua misalnya dari Asia ke Eropa, Amerika atau Australia, lama perjalanannya di udara tidaklah singkat. Bahkan bisa mencapai nyaris 20 jam (termasuk transit di suatu bandara). Lamanya penerbangan tersebut seringkali mengakibatkan jerlag karena perbedaan waktu.

Maka terbayang bagi kita, pastinya para pramugari penerbangan jarak jauh pekerjaannya ekstra berat. Ya benar, dalam penerbangan jauh tersebut mereka bekerja secara bergiliran (shift) di udara. Lalu bagaimana istirahatnya?

Di tempat seperti di bawah inilah para wanita cantik nan ramah itu beristirahat:

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

Kabin kecil tempat istirahat pramugari

[imagetag]

pramugari beristirahat di bagian ekor pesawat di sela tugasnya

Pekerjaan pramugari itu berat. Kita sering menganggap bahwa pekerjaan mereka hanya sebatas menyajikan makanan dan minuman kepada penumpang di pesawat. Itu anggapan yang salah. Pekerjaan yang mereka pikul sangat berat. Mereka harus memperhatikan dan harus berperan penting dalam keselamatan penerbangan.

Salah satu yang paling sering kita lihat adalah mereka dengan penuh kesabaran tak henti-hentinya mengingatkan para penumpang untuk mengenakan sabuk pengaman. Mereka harus berani mengusir penumpang keluar pesawat apabila ada penumpang yang berulah, seperti misalnya memakai ponsel saat sudah di dalam pesawat. Sekali, dua kali, tiga kali penumpang bandel tersebut dinasehati dan kalau keempat kalinya tidak mempan maka mereka akan mengusir penumpang tersebut. Apa yang mereka lakukan ini kerap mendapat makian dari para penumpang.

Dan yang paling berat adalah: apabila pesawat jatuh (crash), mendarat darurat, maka pramugarilah yang pertama kali bertanggung jawab atas keselamatan penumpang. Walau saat itu hujan badai, dan pesawat terancam meledak, mereka tidak boleh menjauh dari pesawat. Bayangkan saja mereka melakukannya sambil memakai pantofel high heels.

Kita mungkin tidak akan mempercayai betapa beratnya pendidikan mereka sebelum resmi menjadi pramugari, dan betapa beratnya tanggung jawab mereka dalam keselamatan penerbangan. Banyak dari mereka yang beranggapan, wanita seayu mereka pastilah manja.

Lihatlah tempat mereka beristirahat. Jauh lebih sempit dari ranjang kita semasa menjadi mahasiswa di perantauan. Sekali lagi, banyak dari kita yang selalu mencibir pekerjaan pramugari. Tapi semua maskapai penerbangan di seluruh dunia dunia menggaji mereka dalam nominal besar (padahal kita menganggap pekerjaan mereka gampang sekali). Mengapa mereka digaji besar?

Sebab dibalik wajah cantik, senyum ramah, dan tubuh yang selalu wangi itu ada tanggung jawab yang besar dan tidak semua orang berani memikulnya.



[imagetag]
#98fcde