Sabtu, 06 Oktober 2012

Hipertensi Selama Hamil Pengaruhi IQ Anak



Kondisi kesehatan ibu selama kehamilan mempengaruhi anak hingga dewasa. Sebuah studi terbaru menemukan pria yang lahir dari ibu yang mengalami tekanan darah tinggi selama kehamilan lebih cepat mengalami penurunan mental dibandingkan mereka yang memiliki ibu dengan tekanan darah sehat.

Perbedaan yang nyata terjadi pada usia 20, dan kian melebar sepanjang hidup sang pria. Hasil temuan Dr. Katri Raikkonen dan rekan-rekannya di Universitas Helsinki di Finlandia ini juga menemukan kesenjangan mental terbesar yang diakibatkannya adalah IQ, misalnya kemampuan dalam menyelesaikan soal matematika.

Seperti dimuat Telegraph, para akademisi menganalisa 398 pria yang lahir antara tahun 1934 dan 1944. Semua peserta diuji untuk menyelesaikan soal matematika, bahasa dan penalaran spasial pada usia 20 tahun dan kembali diulang pada usia 69 tahun. 

Dr. Raikkonen mengatakan, "Tekanan darah tinggi dan kondisi terkait seperti preeklamsia mempersulit sekitar 10 persen dari seluruh kehamilan dan dapat mempengaruhi lingkungan bayi di dalam rahim."

Mengutip hasil studi yang dimuat dalam jurnal Neurology, Dr. Raikkonen menambahkan, "Studi kami menunjukkan bahwa penurunan dalam kemampuan berpikir di usia tua bisa berasal dari masa kehamilan ketika mayoritas perkembangan struktur dan fungsi otak terjadi"