Jumat, 19 Oktober 2012

Gerhana Matahari Cincin Jatuh Pada 20 Mei





[imagetag]
Gerhana Matahari cincin (foto: Lazypalace)


WASHINGTON Gerhana Matahari yang pertama di 2012 akan menghiasi langit cincin (annular solar eclipse). Pada saat terjadinya nanti, Bulan akan menutupi sekira 94 persen Matahari sehingga hanya tampak sebagai cincin bercahaya.

Ratusan juta orang akan bisa menyaksikan kejadian ini. Zona gerhana kali ini merentang dari Asia Tenggara, Samudra Pasifik sampai wilayah barat Amerika Utara.

Jalur terjadinya gerhana Matahari cincin hanya selebar 200 mil saja, namun melintasi banyak tempat yang padat populasi di dunia. Tempat-tempat tersebut adalah Tokyo di Jepang, Medford di Oregon, Chico di California, Reno di Nevada, Alburquerque di New Mexico dan Lubbock di Texas. Di tempat tersebut gerhana akan terlihat sekita empat setengah menit.

"Cincin matahari pada saat gerhana Matahari cincin merupakan cahaya yang sangat terang. Meskipun sebagian besar Matahari akan tertutup, Anda tetap perlu memakai filter Matahari atau beberapa jenis proteksi tertentu untuk dapat melihatnya," papar Fred Espenak dari Goddard Space Flight Center.
#bcfda5


#bcfda5