Senin, 08 Oktober 2012

Dampak Negatif Jika Makan Terlalu Malam



[imagetag]


Banyak orang yang berpikir bahwa mengonsumsi makanan terlalu malam hanya akan menambah ukurang pinggang. Namun ternyata kebiasaan buruk itu juga bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

Mengonsumsi makanan padat kalori di siang hari bisa memberikan tambahan energi, mengendalikan nafsu makan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun jika makanan kaya kalori dimakan di malam hari, justru bisa berakibat sebaliknya. Berikut dampak mengonsumsi makanan di larut malam.

1. Kualitas Tidur

Jika Anda merasa lapar saat tengah malam, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung cairan seperti sup atau milkshake untuk mencegah keinginan buang air kecil saat tidur. Hindari pula makanan dan minuman berkafein, seperti coklat, kopi, minuman berenergi dan makanan energi lainnya karena bisa membuat Anda sulit tidur dan menyebabkan pusing ringan saat siang hari.

Sebagai gantinya, pakar kesehatan khusus tidur Dr Timothy Morgenthaler merekomendasikan camilan sehat seperti oatmeal dengan susu rendah lemak dan menghindari makanan berposi besar serta pedas karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut.

2. Berat Badan

Walau tidak berpengaruh secara langsung, mengonsumsi makanan saat larut malam bisa mengakibatkan peningkatan berat badan. Menurut Erica Blackburg dalam wawancara dengan ABC News, orang sering memilih kripik dan es krim untuk dikonsumsi di malam hari.

Makanan seperti itu padat akan kalori, rendah nutrisi dan 'ringan' sehingga tidak memberikan rasa kenyang yang akhirnya mengakibatkan pengonsumsian berlebihan. Jika Anda membatasi kalori pada keesokan harinya dengan tujuan kompensasi, maka siklus makan ini bisa terjadi lagi dan menyebabkan berat badan meningkat drastis.

Makanan mengandung kalori pada tengah malam sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan, namun hal ini hanya berlaku bagi mereka yang sakit atau sedang dalam perawatan medis dan memiliki nafsu makan yang kurang. Jika Anda salah satunya, pilih makanan sehat kaya kalori seperti kacang-kacangan, alpukat, keju atau makanan ringan olahan.



3. Heartburn dan Acid Reflux

Acid Reflux adalah kondisi umum di mana asam lambung naik kembali ke kerongkongan setelah makan. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa mulas atau nyeri seperti terbakar (heartburn) pada bagian tengah dada. Walau tidak setiap saat, kondisi tersebut biasanya terjadi sebagai 'peringatan' atas penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) kronis.

Berbaring setelah makan dapat memicu acid reflux dan gejala GERD lainnya, menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse. Terlalu banyak makan atau mengonsumsi makanan tinggi lemak, berminyak atau asam pada malam hari dapat meningkatkan risiko ini. Oleh karena itu hindari mengonsumsi makanan saat larut malam jika Anda rentan terhadap acid reflux atau heartburn.

Sumber
#98fcde