Minggu, 21 Oktober 2012

Beginilah Cara Merawat Kuku Yang Benar



[imagetag]

Jangan menunggu kuku bermasalah untukmemberikan perawatan yang tepat pada kuku . Mungkin karena ukurannya yang kecil,terletak di ujung-ujung cari dan terlihat kuat, kita sering mengabaikankesehatan kuku. Eh, jangan-jangan ada juga sahabat

DD yang belum tahu jika kuku juga butuh nutrisi seperti halnya bagiantubuh yang lain?

Kuku

yang tidak terawat akan menjadi kering, mudah patah, bersisik, kasardan kusam. Seringkali kulit-kulit kering di sekitar kuku cukup tajam untukmelukai kulit Anda, bahkan mengoyak benang-benang pada pakaian danbarang-barang garmen yang lain. Sayang kan jika syal rajut Anda yang mahalbenangnya lepas karena ulah kuku tak terawat ini.

Tidak sulit kok merawat kuku. Tidakserumit membubuhkan cat kuku dan melakukan nail art tentunya! Cukup jadikanlima langkah sederhana ini sebagai kebiasaan, maka kuku Anda akan senantiasaterawat dan indah.

Rajin potong kuku

Ingin kuku panjang agar jari lentiktidak berarti Anda membiarkannya saja tumbuh. Secara berkala, periksa bentukkuku, buat ujungnya melingkar dan ujung kanan kirinya tidak runcing. Jika adayang mengelupas, segera potong kuku sebelum mengelupas lebih besar lagi.Lakukan setelah mandi atau merendam kaki terlebih dulu, agar kuku mudahdipotong dan kulit sekitarnya mudah dibersihkan.

Lembabkan kuku

Anda bisa melakukannya sekaligus saatmengaplikasikan lotion untuk telapak tangan Anda. Untuk perawatan yang lebihintensif, beri minyak zaitun pada kuku seminggu sekali sebelum Anda tidur.Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan minyak dengan tisu dan janganlangsung mencucinya dengan sabun.

Beri nail hardener

Menguatkan kuku bisa dilakukan dari luar.Aplikasikan produk nail hardener ke kuku Anda seminggu sekali. Hindari produknail hardener yang mengandung formaldehida atau formaldehyde, seperti dikutipdari livestrong, karena bahan kimia ini justru membuat kuku kering danmudah patah.

Nutrisi tercukupi dan bergizi

Minumlah cukup air untuk menghindari dehidrasipada kulit dan kuku. Selain itu makanlah makanan yang mengandungasam lemak esensial omega-3, sayur-sayuran dan buah yang kaya vitamin, sertaproduk susu rendah lemak untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

Cuci tangan dan kaki dengan benar

Menjaga kebersihan dan kesehatan jari-jaritangan dan kaki akan menjadikan kuku Anda sehat dan indah juga. Biasakanmencuci kaki secara khusus saat mandi dan saat akan tidur. Keringkan denganbaik, terutama di sela-sela kuku. Kemudian beri lotion atau cream untukmelembabkan kulit kaki, tangan dan kuku.

Sumber

#db4ef9