Kamis, 04 Oktober 2012

Begini Caranya Presentasi Ala Steve Jobs



[imagetag]

CEO Apple almarhum Steve Jobs banyak disebut sebagai salah satu orang di dunia yang paling sukses dalam penyampaian materi presentasi . Bukan hanya sukses membuat orang terpaku mendengarkan apa yang ia sampaikan, cara berpresentasi yang disampaikan Jobs bahkan menjadi rujukan jutaan orang di dunia.

Agar kemampuan berbicara di depan umum terus mengalami peningkatan, tidak ada salahnya kita intip tips dari sosok legendaris ini. Dikutip dari BussinessWeek.com berikut rahasia presentasi sukses ala Steve Jobs:

1. Buat tema khusus

Sebelum memulai presentasi, siapkan satu tema khusus yang akan kita hadirkan ke tengah-tengah audiens pada hari itu. Tidak perlu membuat tema yang ribet, cukup fokuskan pada pesan atau fokus yang menjadi inti dari materi kita pada saat tampil.

2. Tunjukkan antusiasme

Agar pendengar tidak terkantuk-kantuk sepanjang sesi presentasi, orang yang berbicara harus menunjukkan semangat selama menyampaikan materi presentasi yang disampaikan. Dalam tiap presentasinya, Jobs sering menggunakan kata amazing, cool, dan extraordinary ketika memperkenalkan berbagai fitur yang dimiliki perangkat andalannya saat itu.

3. Jelaskan poin-poin penting yang ingin disampaikan

Sebelum mulai presentasi, Jobs selalu menjelaskan kepada audiensnya ada berapa poin penting yang ingin ia sampaikan dalam presentasinya saat itu. Memberikan panduan yang jelas di awal presentasi dan mengikuti alur sesuai garis besar yang kita sampaikan, membantu pendengar lebih mudah menyimak materi yang disampaikan.

4. Buat angka menjadi berarti

Kalau kita punya data berupa angka yang dapat menunjang presentasi, manfaatkanlah sampai optimal. Memberikan data melalui angka, terutama apabila angka yang kita sampaikan cukup signifikan, biasanya akan menarik perhatian pendengar dan penasaran untuk terus menyimak.

5. Latihan, latihan, latihan

Agar materi yang disampaikan dapat dibicarakan dengan lancar, tentunya latihan sangat diperlukan. Kesuksesan presentasi yang dilakukan Jobs kabarnya lahir dari belasan jam yang ia relakan untuk melatih terusmenerus penyampaian presentasinya. Jangan lupakan juga detil penting, seperti slide yang menarik atau tulisan yang jelas terbaca sebagai bagian dari persiapan.

6. Jangan pusingkan hal kecil

Persiapan puluhan jam boleh saja dilakukan tapi ketika saatnya tampil bukan tidak mungkin ada hal yang tidak diinginkan malah terjadi. Kalau muncul kejadian di luar rencana, santai saja. Ketika ada salah satu slide interaktifnya tidak berfungsi, Jobs ternyata hanya memilih tertawa dan sesegera mungkin beralih ke topik selanjutnya. Yang penting mencoba tetap have fun.

Sumber

#98fcde