Sabtu, 13 Oktober 2012

Baru 10 Menit, Surat Einstein Sudah Ditawar Rp.28,6 Miliar

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Pelelangan surat tulisan tangan ilmuwan ulung Albert Einstein di eBay dibuka pada Senin malam (8/10) waktu AS dan hanya dalam 10 menit seorang pembeli perdana mengajukan tawaran sebesar US$ 3 juta atau setara hampir Rp.28,6 miliar.

Baru 10 Menit, Surat Einstein Sudah Ditawar Rp.28,6 Miliar

Dalam surat itu Einstein menyatakan bahwa kepercayaan akan agama dan Tuhan sangat kekanak-kanankan. Ia juga mengejek kepercayaan tentang Bangsa Yahudi sebagai bangsa terpilih. Einstein sendiri adalah seorang Yahudi.

Surat yang ditulis Einstein di Jerman untuk filsuf Yahudi, Eric B. Gutkind pada 3 Januari 1954 itu, memang rencananya akan dijual dengan penawaran mulai dari US$ 3 juta.

Surat itu ditulis setahun sebelum Einstein wafat dan isinya merupkan tanggapan terhadap buku Gutkind yang berjudul "Choose Life: The Biblical Call to Revolt" (1952).

Dalam satu bagian suratnya Eistein menulis, "Bagi saya agama Yahudi sama seperti agama-agama lain di dunia, adalah inkarnasi dari takhyul yang paling kekakanak-kanakan."

Tetapi apakah Einstein percaya akan Tuhan? Jawabannya bisa ya dan tidak.

Dalam sebuah surat bertanggal 24 Maret 1954 ia menulis "Apa yang Anda baca tentang pengakuan agama saya adalah kebohongan yang terus menerus diulang secara sistematis. Saya tidak percaya pada Tuhan dan saya tidak pernah menyangkal hal ini, sebaliknya saya menunjukannya dengan jelas."

"Jika ada sesuatu dalam diri saya yang bisa disebut religius maka itu adalah kekaguman yang tiada batas akan struktur alam semesta, sedemikian besar seperti yang bisa diungkap oleh ilmu pengetahuan kita."

Akan tetapi dalam surat kepada Gutkind, ia menulis bahwa Tuhan "tidak lebih dari bentuk ekspresi dan produk kelemahan manusia, Alkitab berisi sekumpulan kisah mulia, tetapi tetap saja adalah legenda yang primitif yang kekanak-kanakan."

Rencananya, lelang surat tersebut bakal ditutup pada tanggal 18 Oktober mendatang.

sumber