Selasa, 16 Oktober 2012

Alasan Mengapa Susunan Batu Bata Tidak Lurus



[imagetag]

Pernahkah kamu memperhatikan bangunan gedungatau rumah-rumah di sekitarmu? Apakah kamu pernah melihat gedung atau rumahyang sedang dibangun?

Nah, kamu mungkin pernah melihat para pekerjabangunan sedang menyusun batu bata tetapi mereka tidak menyusunnya lurus denganbatu bata yang di bawah dan di atas. Kira-kira, apa ya, alasan nya?

Batu bata tidak disusun lurus dengan batu batayang ada di bawah dan di atasnya karena kalau susunan nya lurus, gedung/rumahitu akan mudah roboh. Selain itu susunan batu batapun tidak boleh berurutanantara susunan di atasnya atau di bawahnya, tetapi selang-seling.

Batu bata tidak disusun lurus agarmasing-masing batu bata dapat mendukung batu bata yang ada di atasnya, dan disebelahnya. Mendukung dengan apa? Dengan gaya dorong dan gaya tekan yangdikeluarkan oleh masing-masing batu bata.

[imagetag]

[imagetag]

Seandainya susunan batu bata hanya ditumpukberjajar, seragam atau asal tumpuk, maka tumpukan batu bata akan mudah goyahwalau hanya disentuh sedikit saja. Jika disusun tanpa pola pun tumpukan batubata juga tidak akan mampu tersusun tingginya lebih dari satu meter.

Sumber

#98fcde