Rabu, 10 Oktober 2012

Alasan Kenapa Perempuan Takut Nonton Film Horor



[imagetag]

Film-film yang menayangkan adegan menyeramkan atau horor umumnya disukaioleh kaum laki-laki dan dihindari perempuan . Kini penyebab mengapa perempuan takut dengan film horor berhasil ditemukan.



Sebuah studi menemukan bahwa perempuan lebih mungkin untukmengantisipasi adegan menakutkan yang muncul di depannya, kondisi ini membuatperempuan lebih takut dibanding laki-laki saat menonton film horor.

Ketika menonton film horor, perempuan selalu menerka-nerka adeganberikutnya yang lebih negatif sebagai bentuk antisipasi, sementara pria hanyamenikmati tontonan di depannya. Peneliti mengetahui hal ini karena ketikadiberi peringatan mengenai kekerasan yang ekstrem atau horor maka otakperempuan akan langsung memberikan respons dengan melakukan suatu tindakan,sementara otak laki-laki tetap tenang sampai peristiwa tersebut terjadi atauterungkap.

Hasil studi ini telah menunjukkan bahwa antisipasi terhadap sesuatu yangburuk sudah cukup menimbulkan reaksi di otak perempuan, tapi tidak bagilaki-laki.

Selain itu ketika perempuan dihadapkan pada sesuatu yang negatif makaemosinya akan lebih cepat merespons sebagai akibat dari aktivitas di otaksehingga mempengaruhi memorinya. Jika tindakan antisipasi yang dilakukan saatmenonton film horor besar, maka ia akan semakin ingat dengan adegan tersebut.

Mengantisipasi suatu peristiwa yang tidak menyenangkan bisamembantu tubuh menyiapkan reaksi terhadap situasi yang mengancam. Tapi jikaantisipasi yang dilakukan tersebut berlebihan maka bisa menyebabkan gangguankejiwaan seperti kecemasan dan depresi.

Studi ini dilakukan oleh peneliti dari University College London yangmempelajari bagaimana jenis kelamin mengantisipasi peristiwa yang tidakmenyenangkan. Sebanyak 30 partisipan diukur aktivitas otaknya saat melihatpemandangan positif (pemandangan alam yang damai) dan pemandangan negatif.

Sumber

#db4ef9