Jumat, 12 Oktober 2012

9 Tips Sehat Buat Orang Malas



[imagetag]


Agar tubuh bugar dan sehat, setiap orang dituntut untuk mengerahkan berbagai upaya dan pengorbanan yang tidak sedikit. Namun orang cenderung malas berolahraga dan membiarkan penyakit menghampiri tubuh mereka.

Itulah mengapa orang-orang malas ini harus diberi petunjuk khusus agar tetap mau berolahraga atau menerapkan gaya hidup sehat.

Berikut  tips sehat bagi orang  pemalas

1. Jadikan rutinitas harian sebagai olahraga

Banyak orang berpikir jika ingin tetap bugar maka mereka harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk berolahraga di gym. Padahal latihan intens ini bisa jadi malah membuat tubuh Anda kesakitan dan tentu saja semuanya akan sia-sia.

Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas harian rutin justru lebih efektif untuk membuat tubuh tetap fit ketimbang latihan intens di pusat kebugaran.

Jadi daripada meluangkan waktu khusus untuk latihan fisik di gym, manfaatkan aktivitas harian ringan yang dapat memberikan manfaat ekstra seperti lebih memilih memakai tangga ketimbang lift, melakukan pekerjaan rumah tangga atau membeli makan dengan berjalan kaki.

2. Buat sendiri makanan sehat versi Anda

Semua orang tahu jika mengonsumsi makanan rumahan itu baik bagi kesehatan tapi masalahnya banyak orang yang mengaku terlalu capek untuk memasak makanannya sendiri, terutama sepulang bekerja atau beraktivitas.

Meski begitu daripada membeli makanan siap saji yang kandungan nutrisinya rendah, cobalah membuat makanan sehat versi Anda sendiri. Buatlah resep itu dalam porsi besar dan simpanlah di freezer sehingga ketika Anda malas keluar rumah atau memasak, Anda tinggal memakannya.

3. Punya hewan peliharaan

Jika Anda menginginkan sehat tanpa perlu usaha yang besar maka memelihara hewan bisa jadi salah satu caranya. Berbagai studi menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan terbukti mengalami peningkatan kesehatan fisik dan mental, termasuk penurunan tekanan darah, memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah hidup yang lebih baik serta memiliki kadar stres yang rendah.

Memelihara anjing juga dapat 'memaksa' Anda untuk sering-sering keluar rumah dan aktif bergerak.

4. Olahraga sambil menonton TV

Makan sambil menonton TV bisa jadi cara tercepat untuk menambah berat badan tapi pecinta TV tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa membuatnya tetap sehat dan aktif. Mereka bisa melakukan latihan fisik kecil-kecilan di depan TV, terutama saat jeda iklan seperti sit up, skipping atau lari cepat naik turun tangga.

Yang terpenting adalah membuat tubuh Anda terus bergerak. Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa gelisah saat duduk di depan TV saja sudah dapat membakar 350 kalori ekstra perharinya.

5. Main teka-teki silang

Jika Anda benar-benar sudah tak punya tenaga untuk melakukan latihan fisik, manfaatkan saja bagian tubuh Anda lainnya untuk 'berolahraga'.

Sebuah studi menemukan bahwa rutin melakukan aktivitas-aktivitas yang merangsang mental dan pikiran dapat mengurangi risiko Alzheimer pada seseorang. Jadi daripada menonton TV sepulang kerja, berikan tantangan pada otak Anda dengan bermain teka-teki silang, Sudoku atau membaca buku.

6. Makan dengan santai

Makan dengan terburu-buru atau makan sambil mengerjakan aktivitas lain (multitasking) itu buruk bagi kesehatan karena dapat menyebabkan penumpukan kalori serta obesitas. Oleh karena itu makan dengan santai walaupun menghabiskan waktu lama lebih dianjurkan karena cara makan ini dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan serta membantu menurunkan berat badan.

Dengan makan lebih lambat dan hanya terfokus pada makanan yang Anda santap maka Anda juga akan lebih bisa menikmatinya sehingga mengurangi risiko makan berlebihan (overeating).

Lagipula tubuh perlu waktu 20 menit untuk merasakan kenyang jadi jika Anda makan lebih lambat, Anda akan cepat merasa kenyang walaupun makanan yang masuk ke tubuh baru sedikit. Tentu saja hal ini dapat mencegah terjadinya obesitas.

7. Pesanlah paket buah dan sayuran dari toko terdekat

Sebagian orang mengaku malas menyusun daftar belanjaan dan pergi berbelanja sendiri, tapi Anda bisa memanfaatkan layanan antar dari berbagai toko bahan makanan di sekitar Anda. Atau bagi Anda yang bersedia membayar lebih, sejumlah perusahaan juga menawarkan opsi untuk menyiapkan paket-paket makanan sehat yang bisa dikirimkan langsung ke rumah Anda.

8. Siapkan suplemen gizi

Ketika Anda seringkali tak bisa konsisten dengan pola makan sehat maka siapkan suplemen gizi yang berkualitas atau 'superfood' sebagai makanan penunjang. Selain itu, suplemen ini dapat membantu Anda kembali konsisten pada pola makan sehat.

Anda bisa mengonsumsi multivitamin kompleks atau 'superfood' alami seperti spirulina, wheatgrass atau bee pollen yang telah dilengkapi dengan berbagai nutrisi untuk menjaga kondisi kesehatan Anda.

9. Banyak tidur

Penelitian telah membuktikan bahwa tidur membuat Anda panjang umur, meningkatkan daya ingat serta mengurangi stres. Sebaliknya tidur kurang dari lima jam di malam hari dapat berujung pada terjadinya kecelakaan di jalan (sebagian besar karena ngantuk dan lemas), penambahan berat badan hingga tingginya risiko penyakit jantung.

Anda cukup mendapatkan tidur selama 8 jam dalam semalam untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan Anda.

Sumber
#98fcde