Kamis, 04 Oktober 2012

8 Cara Alami Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh diperlukan untuk menjaga diri kita dari serangan penyakit. Sistem imun yang rendah membuat seseorang mudah terkena penyakit. Berikut ini adalah 8 cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti dilansir oleh Thirdage (28/09).

8 Cara Alami Meningkatkan Kekebalan Tubuh

1. Lemon panas
Lemon membantu menjaga pH tubuh tetap seimbang dan sesuai untuk mendukung kehidupan bakteri baik serta mencegah munculnya bakteri jahat dan virus.

2. Tidur nyenyak
Tidur berkaitan dengan menurunkan hormon cortisol penyebab stres, menjaga berat badan tubuh, meningkatkan mood dan menjaga keindahan kulit. Yang paling penting, tidur nyenyak sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Makan protein 
Protein dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, pikiran, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Diet yang rendah lemak biasanya dibarengi dengan karbohidrat yang tinggi. Ini mampu menekan sistem imun dan menaikkan kadar gula dalam darah.

4. Kurangi kopi 
Kafein dalam kopi bisa merampok mineral dan vitamin dalam tubuh. Tak hanya itu, kafein juga membuat Anda cepat kehilangan cairan. Setiap kali mengonsumsi segelas kopi, pastikan Anda menambahkan dua gelas air.

5. Sayur dan buah segar 
Sayur dan buah segar memberikan asupan antioksidan, vitamin, mineral, serat, dan enzim yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayur dan buah berkulit gelap biasanya memiliki flavonoid, polifenol, serta antioksidan tinggi yang baik untuk sistem imun.

6. Keluar rumah 
Kebanyakan orang menghabiskan 90 persen waktunya di dalam ruangan, menghirup udara dari penyegar ruangan yang tidak sehat. Padahal menghabiskan waktu di luar rumah bisa meningkatkan kinerja jaringan tiroid dan sistem imun tubuh.

7. Gunakan minyak zaitun 
Lemak yang terkandung dalam minyak zaitun bisa menjadi pelumas bagi sel yang kemudian meningkatkan fleksibilitas dan komunikasi di antara sel. Akibatnya, ini membuat sistem kekebalan menjadi lebih efektif untuk melawan penyakit.

8. Manjakan diri 
Meski bekerja keras jangan lupa untuk selalu memanjakan diri sendiri. Lakukan pijat, pergi bersama teman, bersenang-senang, sehingga Anda tidak merasa stres. Ketika stres, sistem kekebalan tubuh akan melemah.

Itulah 8 Cara Alami Meningkatkan Kekebalan Tubuh. kekebalan tubuh yang baik mampu melindungi diri Anda dari penyakit. (merdeka)