Senin, 22 Oktober 2012

7 Tips Cegah Mabuk Laut





[imagetag]

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk mencapaisuatu tempat, bisa lewat darat, laut karena enggan mengalami mabuk laut.

Inilah 8 jurus jitu mencegah mabuk laut yangdihimpun detiktravel :

1. Sarapan

Sebelum melakukan perjalanan dengan kapallaut, ada baiknya Anda mengisi perut beberapa jam sebelum berangkat. Perut yangsudah terisi membuat badan lebih berenergi dan tidak mudah masuk angin,penyebab utama mabuk laut. Tetapi hindari mengonsumsi makanan yang berminyakatau asam, karena makanan yang asam akan lambat dicerna sehingga tertumpuk diperut. Sedangkan kombinasi antara makanan berminyak dan asam tidak baik untuksistem pencernaan.

2. Naik kapal besar

Jika bisa memilih, usahakan naik kapal yangbesar. Jangan naik kapal kecil! Biasanya kapal besar menghasilkan guncanganyang tidak terlalu besar atau cenderung tidak terasa ketika membelah ombak,sehingga mengurangi peluang mabuk laut.

3. Duduk di bagian tengah kapal

Kapal umumnya memiliki ruangan khusus untukduduk penumpang. Usahakan duduk di bagian tengah kapal. Kapal bagian depan danbelakang bisa menghasilkan guncangan yang cukup besar ketika membelah ombak,dan itu menjadi salah satu penyebab mabuk laut.

4. Minum obat anti mabuk

Hal yang paling umum dilakukan orang agarterhindar mabuk laut adalah meminum obat antimabuk. Obat antimabuk memangterbukti menghindari kita dari mabuk laut, tetapi jangan terlalu sering, karenabisa membuat tubuh ketergantungan dengan obat tersebut.

5. Istirahat cukup

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya Andaistirahat yang cukup. Tubuh yang kurang sehat bisa memicu terjadinya mabuklaut. Bila kegiatan banyak dan sulit untuk istirahat cukup, Anda bisa tidur didalam kapal.

6. Hirup udara segar

Ada kalanya mabuk laut terasa di tengahperjalanan. Jika hal itu terjadi, sebaiknya Anda menegakkan tubuh dan menghirupudara sebanyak-banyaknya. Jika Anda berada di ruangan, keluarlah dan segeracari udara segar di geladak kapal.

7. Tetap tenang

Sebelum berangkat, sugestikan diri Anda tidakakan mengalami mabuk laut. Sugesti positif tersebut cukup membantu mencegahmabuk laut.

: detik

#bcfda5


#bcfda5