Sabtu, 06 Oktober 2012

7 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan



[imagetag]

Jangan salah paham dulu, blackberry itu buah yang akan kita bahas bukan ponsel. Buah blackberry yang banyak ditemukan di kawasan timur Amerika Utara, pantai Pasifik, Kepulauan Inggris, dan Eropa Barat tersebut memang cukup terkenal khususnya karena rasanya yang enak.  



Tapi begitu, apakah kalian sudah mengetahui manfaat dari buah blackberry yang mempunyai kemampuan menyerap radikal oksigen (ORAC), melawan radikal perosokil, superoksida, hidrogen peroksida, radikal hidroksil, dan singlet oksigen tersebut.





Berikut, 7 manfaat buah blackberry untuk kesehatan:





1. Memperkuat daya tahan



Kandungan vitamin C yang cukup banyak membuat buah blackberry direkomendasikan untuk dikonsumsi manusia oleh sejumlah pakar kesehatan dunia. Ursula Arens, pakar nutrisi senior dari Inggris menyatakan bahwa vitamin C berguna untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.



2. Kesehatan pencernaan



Selain kaya akan vitamin C, buah blackberry juga memiliki serat yang sangat tinggi dibandingkan dengan buah lain.



"Serat sangat penting bagi usus agar berfungsi dengan baik dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat, di samping juga meningkatkan kesehatan dengan membantu menurunkan kolesterol," kata Arens.



3. Sembuhkan luka



Senyawa Tanin yang terdapat pada Blackberry berfungsi untuk menyembuhkan luka. Sarah Wilson, pakar gizi dari Princess Grace Hospital, London, mengungkapkan bahwa mengoleskan buah beri pada kulit yang terluka akan mengencangkan jaringan sehingga membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi perdarahan.



4. Membantu melawan sel kanker



Senyawa kimia C3G (atau biasa dikenal sebagai flavonoid) yang terdapat pada buah blackberry secara uji klinis terbukti efektif melawan kanker kulit dan kanker paru-paru. Tidak hanya itu saja, anthocyanin atau sekelompok pigmen pada tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan mampu untuk menghambat pertumbuhan sel tumor.



5. Melindungi mata



Manfaat kelima dari blackberry adalah melindungi mata dari pembentukan makul, yang merupakan daerah paling sensitif terhadap cahaya dan terletak di belakang retina. Hal ini dapat terjadi karena buah blackberry memiliki kandungan lutein yang membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet.



6. Pembentukan tulang



Satu genggam buah blackberry memberi Anda hampir setengah asupan harian mangan yang direkomendasikan. Sebagaimana diketahui, mangan merupakan sumber mineral yang paling baik. "Mangan membantu membentuk jaringan ikat tubuh, penting untuk membangun struktur tulang yang kuat," ujar Wilson.



7. Meningkatkan pertumbuhan sel



Manfaat ketujuh dari buah blackberry adalah untuk pembelahan dan pertumbuhan sel sehat. Salah satu zat yang dibutuhkan dalam hal itu adalah folat, atau biasa dikenal sebagai vitamin B9 atau asam folat dimana buah blackberry memilikinya. Sejumlah pakar kesehatan bahkan  menganjurkan wanita hamil mengonsumsi buah ini agar risiko bayi lahir cacat semakin mengecil.

Sumber

#98fcde