Kamis, 18 Oktober 2012

6 Cara Untuk Mendongkrak Percaya Diri



[imagetag]

Sebuah penelitian besar yang dilakukan oleh Yayasan MacArthur menemukan bahwa percaya diri tinggi merupakan indikator kuat bagi kesehatan dan umur panjang. Masalahnya, tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang besar. Berikut adalah enam cara ampuh mendongkrak percaya diri, seperti dilansir

Thirdage.com.

1. Bersyukur atas apa yang Anda miliki

Kita kadang sangat terfokus pada apa yang tidak kita miliki. Namun, pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri tentang apa yang sudah Anda miliki? "Apa yang saya punya?" Sisihkan waktu khusus untuk mendaftar semua yang Anda miliki dan baca catatan itu berulang kali. Dari situ, Anda pasti tahu bahwa bersyukur adalah cara terbaik untuk maju.

2. Speak up!

Takut dikatain bodoh? Grogi? Semua orang pasti pernah mengalaminya ketika diskusi atau rapat. Tetapi, inilah waktu yang tepat untuk berbicara di depan umum. Tunjukkan siapa diri Anda dan jangan pernah takut untuk berbagi ide dengan orang lain.

3. Buatlah daftar "aset" yang Anda miliki!

Aset yang dimaksud adalah keterampilan, pengalaman, daya fisik dan sosial, serta bakat. Percayalah, ini membuat Anda akan berpikir lebih positif tentang diri sendiri.

4. Olahraga

Sikap energik yang Anda tunjukkan juga dipengaruhi kondisi fisik yang bugar. Itulah mengapa tubuh yang sehat terlihat lebih garang dan tangguh. Olahraga rutin tidak hanya membuat tubuh sehat, tetapi juga memberi banyak dampak positif untuk rohani seseorang.

5. Memuji orang lain

Ketika kita berpikir negatif tentang diri sendiri, kita biasanya akan memproyeksikan hal tersebut dengan mencemooh orang lain. Untuk mematahkan sikap negatif ini, biasakan untuk memuji orang lain. Hindari gosip atau perkataan yang bisa menyinggung orang lain. Dengan begitu, Anda akan dikenal sebagai sosok menyenangkan dan disukai banyak orang. Secara tidak langsung, hal tersebut bisa membangun rasa percaya diri Anda.

6. Postur tubuh

Postur yang baik menunjukkan rasa percaya diri yang besar. Berdirilah tegak, angkat kepala, dan lakukan kontak mata. Sikap ini memberi Anda kesan positif pada orang lain, sekaligus meningkatkan rasa percaya diri.

Sikap percaya diri membuat seseorang berpikir lebih maju dan berani. Jadi tunggu apalagi? Inilah saat paling tepat untuk unjuk gigi!.

Sumber

#98fcde