Minggu, 07 Oktober 2012

5 Tips Sederhana Agar Terhindar Dari Penyakit



[imagetag]

5 Tips Sederhana Agar Terhindar dari Penyakit Terhindar dari penyakit merupakan hal yang paling berharga dalam diri kita seperti yang kita ketahui sakit dijaman sekarang ini sangat mahal biyayanya sehinga kesehatan

sangat penting kita jaga agar terhindar dari penyakit . Nah berikut ini ada tips sedrhana yang bisa membuat kamu terhindar dari penyakit ingin tahu tips apa aja itu simak 5 Tips Sederhana Agar Terhindar dari Penyakit berikut ini.

1. Rutin makan ikan

Ikan adalah terbaik protein dan lemak sehat. Kebiasaan makan ikan juga direkomendasi sebagai salah satu cara paling mudah dalam menurunkan risiko kanker khususnya kanker kolorektal, yang menjadi penyebab utama ketiga kematian akibat kanker di dunia Barat.

Menurut penelitian para ahli dari Xijing Hospital of Digestive Diseases, Xian, Cina, konsumsi ikan khususnya ikan yang segar dapat menurunkan risiko kolorektal secara signifikan. Setelah mengamati sebanyak 41 penelitian mengenai konsumsi ikan yang dipublikasikan antara tahun 1990 2011 dan melacak diagnosa kanker, para peneliti menyimpulkan bahwa ikan segar secara teratur mengurangi risiko kanker kolorektal sebesar 12 persen. Efek perlindungan konsumsi ikan lebih menonjol terhadap kanker rektal yakni hingga 21 persen, ketimbang kanker kolon yang hanya sekitar 4 persen.

Para ahli menegaskan, suhu pada saat memasak ikan juga dapat memengaruhi risiko kanker kolorektal. Bahkan beberapa penelitian mengindikasikan, kebanyakan makan ikan yang dibakar, dipanggang atau digoreng dalam suhu tinggi justeru dapat meningkatkan risiko kanker.

2. Stop rokok dengan hipnosis

Berhenti merokok adalah salah satu cara yang paling jitu dalam mengurangi risiko terkena kanker secara drastis. Ada banyak program yang dapat membantu para perokok untuk menghentikan kebiasaan buruk mereka. Sebuah penelitian di Montreal Kanada menemukan bahwa perokok yang menjalani hipnoterapi memiliki 4,55 kali lebih besar kemungkinan untuk berhenti merokok. Sementara mereka yang menjalani akupunktur adalah memiliki 3,53 kali kemungkinan untuk meninggalkan rokok.

3. Rawat kesehatan gigi

Menurut penelitian para ahli dari Taipei Veterans General Hospital, Taiwan, kebiasaan membersikan gigi secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit pembuluh darah dan jantung (kardiovaskular). Untuk penelitian ini, para ilmuwan memeriksa 10.887 relawan yang secara rutin menjaga kebersihan gigi, dibandingkan dengan 10.989 peserta yang tidak merawat kebersihan gigi mereka.

Setelah tujuh tahun periode pemantauan, para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang secara rutin menyikat gigi secara terartur memiliki risiko lebih rendah mengalami serangan jantung, stroke dan kejadian kardiovaskular total. Diyakini para ahli bahwa kesehatan gigi yang buruk akan menambah risiko terjadinya inflamasi (peradangan) pada tubuh.

4. Turunkan bobot dengan panduan dokter

Para peneliti dari North Carolina menyarankan setiap orang untuk meminta bantuan dokter untuk menjalani program penurunan berat badan ketimbang harus pergi ke sebuah pusat pelangsingan swasta atau klinik perawatan primer, karena tingkat efektifitasnya tidak jauh berbeda alias sama. Dalam riset tersebut diketahui, setelah 12 minggu menjalani program pendampingan penurunan berat badan, rata-rata peserta mengalami penurunan bobot tubuh sebesar 11 persen.

5. Dosis rendah Aspirin

Sebuah studi dari Kanada menunjukkan bahwa selain mencegah penyakit

jantung, aspirin dosis rendah juga dapat mengurangi kasus kematian non-vaskular termasuk kematian akibat penyakit kanker. Kajian terhadap 23 riset oleh Edward J. Mills, PhD, MSc, dari University of Ottawa, Ontario, Kanada, mengindikasikan bukti bahwa aspirin dosis rendah dapat memberikan efek pencegahan terhadap kanker dan menunjukkan efek terapi yang signifikan setelah pemantauan selama maksimal empat tahun.

Sumber

#98fcde