Jumat, 05 Oktober 2012

5 Anggapan Salah Seputar Penggunaan Kontrasepsi



Bagi pasangan menikah yang ingin menunda kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi merupakan cara yang terbilang efektif. Namun banyak pasangan yang masih percaya mitos-mitos seputar pencegahan kehamilan yang sebenarnya masih diragukan kebenarannya, bahkan sudah terbukti keliru.

Mulai dari pil kontrasepsi yang bisa membuat gemuk, sampai kehamilan yang tidak akan terjadi bila salah satu pasangan tidak orgasme. Agar program punya anak bisa terwujud sesuai harapan Anda dan suami, sebaiknya ketahui dulu mitos keliru seputar kontrasepsi, seperti yang dikutip dari iDiva.

1. Pil Kontrasepsi Membuat Anda Gemuk
Anda mungkin pernah membaca informasi semacam ini di internet atau mendengarnya dari teman. Selama hampir 50 tahun diedarkan di pasaran, kebanyakan wanita memang masih percaya bahwa pil kontrasepsi adalah salah satu penyebab utama kegemukan. Tapi mitos ini salah, pil ini mengandung hormon wanita sintetis yaitu estrogen dan progesteron. Dua hormon ini bisa menyebabkan penumpukan cairan yang membuat beberapa bagian tubuh membengkak, tapi di era sekarang, hormon tersebut hanya diberikan dalam dosis yang sangat kecil. Jadi tidak akan membuat Anda gemuk.

2. Tidak Perlu Menggunakan Alat Kontrasepsi jika Pasangan Menarik 'Alat'nya Sebelum Ejakulasi
Tidak peduli seberapa cepat dan efisien pasangan saat bercinta di tempat tidur, menarik penis keluar sebelum ejakulasi bukanlah metode yang efektif untuk menunda kehamilan. Cairan yang dikeluarkan pria sebelum ejakulasi untuk lubrikasi, juga bisa mengandung sperma. Bahkan jika pasangan ejakulasi dekat bibir vagina, tetap ada kemungkinan terjadinya kehamilan. Jika Anda berencana menggunakan metode ini dalam periode waktu yang lama, perlu diketahui bahwa itu tidak menjamin keamanan 100 persen.

3. Berhubungan Seks Saat Menstruasi Tidak Menyebabkan Kehamilan
Kemungkinan untuk hamil saat Ande berhubungan seks dalam periode menstruasi memang sangat kecil, tapi bukan berarti Anda sepenuhnya aman (dari kehamilan). Jika Anda wanita yang subur dan telah mencapai kematangan seksual, selalu ada kesempatan untuk hamil meskipun sedang datang bulan.

4. Wanita Usia 35 Tahun Ke Atas Tidak Perlu Menggunakan Kontrasepsi
Ketika memasuki usia 30 tahun, banyak wanita yang percaya bahwa masa subur mereka berkurang dan cenderung berhenti menggunakan alat kontrasepsi. Tapi itu adalah anggapan yang salah. Tidak ada patokan yang pasti tentang masa subur wanita. Selama wanita masih mengalami menstruasi, selama itu juga selalu ada kemungkinan untuk hamil.

5. Tidak Orgasme Bisa Mencegah Kehamilan
Seks tanpa orgasme tak menjamin kehamilan bisa dicegah. Faktanya, kehamilan terjadi saat sperma pria bertemu dengan sel telur wanita. Jadi tanpa wanita harus orgasme, kehamilan pun bisa tetap terjadi