Sabtu, 22 September 2012

Kanzi, Simpanse yang Bisa Berbicara, Memasak & Bertukang (Foto + Video)

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Ini adalah sebuah mukjizat. Dan apa yang tidak mungkin terjadi di mata manusia, semua mungkin di mata Tuhan.

Simpanse bernama Kanzi ini amat luar biasa sebab ia dapat berbicara dengan bahasa isyarat, memasak, dan membuat alat pertukangan dari batu.

Sebagai informasi, Simpanse memang dikenal hewan yang memiliki kecerdasan lebih dibandingkan dengan hewan lainya, karena masih merupakan spesies yang terdekat kekerabatannya dengan manusia sehinga tidak heran jika ada simpanse yang bisa bertingkah laku seperti manusia.




Khanzi mengmpulkan ranting kering dan membuat api (tanpa bantuan korek api)

Kanzi yang kini berusia 31 tahun ini sejak kecil hidup dalam asuhan manusia. Pada usia belasan Kanzi mulai menunjukkan kecerdasan melebihi primata lain di pusat konservasi di negara bagian Iowa (AS) yang menjadi tempat tinggalnya.itu.


Khanzi menyalakan api dengan korek api

Hebatnya, simpanse ini bahkan mampu menyalakan api, baik itu menggunakan korek ataupun hanya berbekal batu. Serta melakukan pekerjaan masak memasak seperti juga manusia. Wow, seperti yang biasa kita lakukan saat Pramuka dulu.




Khanzi sedang memasak makanan

Hal yang dilakukan simpanse ini sempat membuat heran para peneliti di Balai Konservasi Great Ape Trust, Kota Des Moines, Negara Bagian Iowa, saat berhasil membuat sebuah kait sederhana untuk membuka kotak berisi makanan. Tindakan ini disinyalir serupa langkah awal yang dulu dilakukan nenek moyang manusia saat baru saja ber-evolusi.

Menurut para peneliti di balai konservasi tersebut, simpanse ini juga paham dengan bahasa manusia dan dapat mengucapkan setidaknya 500 kata. Namun apa yang dilakukan simpanse ini merupakan hal biasa yang dilakukan oleh nenek moyang manusia pada zaman prasejarah sebelum ber-evolusi menjadi manusia modern. Pendapat ini berasal dari fakta kera Bonobo memiliki kesamaan DNA nyaris 98 persen dengan manusia.


Khanzi sedang memanggang marshmallow. Apakah dia juga merupakan anggota Pramuka?

Apabila penasaran dengan simpanse ini, silahkan lihat videonya berikut ini:



sumber