Jumat, 21 September 2012

FIFA Resmi Rilis Maskot Piala Dunia 2014 "Armadillo"


ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | SAO PAOLO - Armadillo, binatang mamalia yang terancam punah di Amerika Selatan dan Amerika Tengah, dipilih menjadi maskot Piala Dunia 2014 Brasil.

Hal diumumkan dalam acara televisi Brasil, Minggu (16/09/2012) atau Senin WIB, yang dihadiri mantan bintang sepak bola Brasil, Ronaldo. Namun, belum ada nama maskot tersebut.

Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), memberi waktu hingga pertengahan November mendatang bagi warga Brasil untuk memilih satu dari tiga nama untuk maskot itu, yakni Amijubi, Fuleco, dan Zuzeco.


"Saya gembira menyambut anggota tim 2014, yang sedemikian penting. Maskot akan memainkan peran kunci sebagai duta besar selama dua tahun ke depan. Saya yakin, dia akan menginspirasi banyak anak muda suporter Brasil dan seluruh dunia dengan gairah luar biasa yang ada dalam olahraga dan negeri ini," papar Ronaldo.

Armadillo dengan tiga strip melingkari badannya, yang kini terancam punah, akan mengkerut berbentuk seperti bola jika merasa terancam.

Hewan ini banyak ditemukan di kawasan timur laut Brasil. Maskot itu digambarkan membawa bendera Brasil. Maskot tersebut berwarna kuning, dengan celana pendek warna hijau dan kulit luar serta ekor warna biru. Maskot armadillo dibalut baju putih yang bertuliskan "Brasil 2014".

"Kenyataan bahwa armadillo yang memiliki tiga strip adalah spesies yang lemah, sangat cocok. Salah satu sasaran kunci kami melalui penyelenggaraan Piala Dunia 2014, yakni memanfaatkan ajang itu sebagai sarana menyampaikan pentingnya lingkungan dan teknologi," kata Jerome Valcke, Sekretaris Jenderal FIFA.

Tiga nama kandidat maskot itu memiliki arti masing-masing. Menurut FIFA, Amijubi "mewakili arti persahabatan dan kegembiraan", sedangkan Fuleco dan Zuzeco dikaitkan dengan pesan ekologis.

Ketiga nama tersebut akan dipilih memilih voting oleh komite, yang terdiri atas orang-orang berpengaruh, termasuk mantan bintang sepak bola Brazil, Bebeto.

Selain menentukan maskot, belum lama ini FIFA telah menetapkan nama bola Adidas yang akan digunakan di Piala Dunia 2014, yakni "Brazuca".


Selain menjadi simbol "emosi, kebanggaan, dan kehangatan bagi semua yang mencerminkan pendekatan Brasil terhadap sepak bola", "Brazuca" juga sering digunakan untuk julukan warga Brasil yang tinggal di luar, termasuk ratusan pesepak bola yang bermain di luar negeri.

Bagi Brasil, ini pertama kali mereka menggelar Piala Dunia setelah tahun 1950. Pertama kali maskot digunakan di Piala Dunia adalah pada Piala Dunia 1966 Inggris, yakni berupa singa berpakaian bendera Union Jack dan diberi nama "Willie".

Maskot-maskot pada Piala Dunia berikutnya, antara lain yakni seorang anak laki-laki yang diberi nama "Juanito" di Piala Dunia 1970 Meksiko; sebuah jeruk diberi nama "Naranjito" di Piala Dunia 1982 Spanyol; seekor anjing diberi nama "Striker" di Piala Dunia 1994 Amerika Serikat; dan ayam jago diberi nama "Footix" di Piala Dunia 1998 Perancis.

Tuan rumah Jerman memilih singa yang diberi nama "Goleo" sebagai maskot Piala Dunia 2006. Adapun tuan rumah Afrika Selatan menetapkan macan tutul yang diberi nama "Zakumi" sebagai maskot Piala Dunia 2010.

sumber