Kamis, 06 September 2012

Bocoran Fitur dan Gambar iPhone 5

Bocoran kecil seputar Fitur dan Gambar iPhone 5 terus bergulir menjelang event spesial Apple pada 12 September 2012 mendatang. Satu hal yang paling menarik dibahas adalah soal seberapa tipis gadget yang sangat dinanti tersebut. Dalam bocoran yang didapat dari Apple Insider, iPhone 5 hampir dipastikan bakal hadir lebih tipis ketimbang iPhone 4S.

Isu ini pun ditegaskan dari bocoran gambar yang dimiliki iResQ, dimana ada satu perangkat yang dipercaya sebagai iPhone generasi terbaru tengah disandingkan dengan iPhone 4. Dalam gambar itu terlihat jika handset yang diyakini sebagai iPhone 5 tampil lebih ramping ketimbang perangkat yang di sebelahnya. Memang, tidak dibeberkan secara lebih rinci soal ketipisannya. Namun jelas terlihat dalam gambar.

Bocoran Fitur dan Gambar iPhone 5

Apple sendiri sebelumnya telah menyebar undangan sebuah event yang dipercaya untuk meluncurkan iPhone 5 pada tanggal 12 September 2012.

'It's almost here," singkat tulisan yang ada di undangan tersebut. Selain itu, ada pula tulisan tebal angka '12' yang menandakan bahwa acara tersebut digelar pada tanggal 12 September. Dan inilah yang paling menarik perhatian, di bagian bawahnya terdapat tulisan angka '5' yang dibuat berbayang.

Bocoran Fitur dan Gambar iPhone 5

Tentu banyak yang berubah dari iPhone 4S yang hadir setahun lalu dan berikut ini adalah 8 fitur baru yang diyakini akan menjadi ciri dari iPhone 5:

1. Layar yang lebih besar
Sejumlah rumor termasuk yang dicuplik dari Wall Street Journal menyebut bahwa iPhone 5 akan mempunyai layar sebensar 4 inci (generasi sebelumnya hanya 3,5 inci) dan lebih tipis serta lebih ringan ketimbang iPhone-iPhone sebelumnya.

2. Earphone baru
Apple diduga akan memberikan ponsel itu sepasang earphone baru, yang bahkan patennya baru didaftarkan pada 12 April silam dan diakui bulan lalu. Earphone itu diklaim bisa mengurangi gema ketika Anda menelpon.

3. Koneksi LTE
Dengan koneksi LTE - selangkah lebih maju dari iPhone 4S yang hanya ber-3G - iPhone 5 akan sejajar dengan banyak ponsel pintar Android yang sudah dilengkapi dengan koneksi terbaru itu.

4. Resolusi Mumpuni
Sebagai konsekuensi dari layar yang lebih besar maka iPhone 5 dipastikan akan punya resolusi lebih bagus, paling tidak 640 x 1.136

5. Slot Konektor Baru
Sejumlah rumor dan gambar yang beredar di dunia maya menunjukan bahwa Apple mengganti slot konektor lama yang berukuran 30 pin dengan yang 9 pin. Itu artinya charger dan colokan speaker lama tidak akan bisa digunakan pada ponsel baru itu.

Kemungkinan Apple akan memperkenalkan adaptor baru yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah itu.

6. Teknologi NFC
Banyak yang percaya Apple sudah akan menanamkan teknologi near field communications (NFC) di iPhone 5. Artinya ponsel itu nantinya akan bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, menggantikan kartu kredit - teknologi yang diperkirakan akan booming dalam waktu dekat.

7. Nano-SIM Card
Rumor yang dikutip dari blog 9to5 Mac berspekulasi bahwa iPhone 5 sudah akan dilengkapi dengan slot untuk Nano-SIM Card atau kartu SIM Nano yang lebih kecil dari yang digunakan pada ponsel dewasa ini.

8. Nama "iPhone 5"
Oh iya, seperti yang digambarkan di awal, pada desain undangan terlihat siluet angka "5" di bawah tulisan tanggal "12" - tanggal peluncuran yang telah ditetapkan oleh Apple. Tulisan itu mengindikasikan bahwa iPhone generasi keenam dari Apple itu akan dinamai "iPhone 5".