Jumat, 14 September 2012

Android Kini Tekuk BlackBerry di Indonesia


ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Menurut data yang dilansir International Data Corporation (IDC), untuk Q2 2012, Android menguasai sekitar 52% dari total sistem operasi smartphone yang dipakai di Indonesia. Perolehan ini tak lepas dari sejumlah vendor seperti Samsung, HTC dan Sony yang semakin agresif mengadopsi Android.


"Peningkatan pengguna ponsel Android di Indonesia tidak hanya karena harganya yang semakin terjangkau, tapi juga karena berbagai aplikasi dan semakin populernya layar sentuh," jelas Darwin Lie, Market Analyst for Client Devices Research, IDC Indonesia.

"Keterlambatan peluncuran BlackBerry 10 membuat pengguna menunggu sampai tahun 2013 untuk membeli model baru. Hal ini juga memberikan kontribusi dampak terhadap perubahan dalam preferensi OS," tambah Darwin, dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (13/9/2012).

Secara keseluruhan, menurut data IDC, pengapalan ponsel di Indonesia meningkat 10% dibanding kuartal lalu. Namun jika dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama, jumlahnya meningkat hingga 25%.

Dengan makin banyaknya pengguna yang tertarik mengunakan ponsel layar sentuh, maka diprediksi hingga akhir 2012 nanti pengapalan smartphone di Indonesia lebih dari 7 juta unit.

sumber